Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hasil Basket NBA : Celtics ke Semifinal, Nuggets Jaga Peluang

Boston Celtics, juara terbanyak NBA, lolos ke final Wilayah Timur setelah menundukkan juara bertahan Toronto Raptors, sementara Denver Nuggets menjaga peluang ke final Wilayah Barat setelah memenangi gim kelima atas LA Clippers.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 12 September 2020  |  14:31 WIB
Loading the player ...
Boston Celtics taklukkan Toronto Raptors

Bisnis.com, JAKARTA – Boston Celtics lolos ke final Wilayah Timur liga basket Amerika Serikat National Basketball Associations (NBA) setelah menundukkan juara bertahan Toronto Raptors, sementara Denver Nuggets tetap menjaga peluang setelah menumbangkan LA Clippers.

Dalam pertandingan yang berlangsung pada Sabtu (12/9/2020) pagi WIB, Celtics menundukkan Raptors, yang bermarkas di Kanada dan merupakan satu-satunya tim di luar AS di NBA, dengan skor 92–87 dalam gim ketujuh semifinal Wilayah Timur.

Hasil ini membuat Celtics, yang memegang rekor terbanyak juara yakni 17 kali, mengantungi keunggulan 4–3 atas Raptors pada semifinal yang menggunakan sistem best of seven sehingga berhak lolos ke partai puncak Wilayah Timur.

Forward Boston Celtics Jayson Tatum merayakan kemenangan timnya atas Toronto Raptors dalam pertandingan semifinal Wilayah Timur playoff NBA. – Antara/Reuters

Dalam pertandingan itu, Jayson Tatum mencetak 29 poin dan 12 rebound, Jaylen Brown memsok 21 poin, Marcus Smart 16, dan Kemba Walker 14 poin.

Di final wilayah, Celtics akan bertemu Miami Heat. Gim pertama final Wilayah Timur akan dimainkan pada Selasa (15/9/2020) pagi WIB.

Fred VanVleet mencetak 20 poin untuk memimpin perolehan poin Raptors, Kyle Lowry mengontribusi 16 poin, sedangkan Pascal Siakam mencatatkan 13 poin dan 11 rebound.

Raptors, melakukan turned the ball 18 kali, enam kali terjadi pada kuarter keempat. Namun, Raptors masih memimpin 89–87 dengan waktu tersisa 1:21.

Siakam berpeluang menyamakan kedudukan, tetapi Smart melakukan block dari belakang, dan Lowry dilanggar pada sisi sebaliknya di lapangan dengan waktu tersisa 35,4 detik.

Pemain rookie Celtics Grant Williams menyia-nyiakan dua peluang lemparan bebas, tetapi Tatum dilanggar saat melakukan rebound dan memasukkan satu dari dua lemparan bebasnya untuk mengubah skor menjadi unggul 90–87.

VanVleet membuang peluang untuk menyamakan kedudukan saat waktu menyisakan 12 detik, dan Walker memasukkan bola-bola lemparan bebasnya di sisi lain lapangan untuk memastikan kemenangan Celtics.

Dengan Celtics sedang unggul 1 poin memasuki kuarter keempat, Walker memasukkan lemparan 3 poin pertamaya di gim itu saat timnya menguasai bola. Daniel Theis dan Tatum menambahi poin saat Celtics melaju 7–0 dan memimpin 79–71.

Toronto Raptors unggul 82–78 melalui tip-in Siakam saat waktu menyisakan 6:49, tetapi permainan 3 poin Walker membantu Celtics unggul 88–78 dengan waktu tersisa 4:51.

Raptors kemudian tertinggal 9 poin 51-60 pada kuarter ketiga sebelum menorehkan laju 17–7 yang diakhiri dengan lemparan 3 poin VanVleet untuk membawa timnya memimpin 68–67.

Celtics memimpin 12 poin pada awal kuarter pertama, tetapi Raptors mengakhiri kuarter itu dengan keunggulan 27–26.

Celtics bangkit pada fase akhir kuarter kedua, mengukir laju 11–0 yang ditutup dengan lemparan 3 poin Brown untuk membawa timnya unggul 44–40 dengan 2:44 tersisa pada babak pertama. Celtics memasuki pergantian babak dengan keunggulan 50–46.

Pada kuarter ketiga Raptors sempat bangkit dengan keunggulan 25–22, tetapi kuarter keempat atau terakhir menjadi milik Celtics dengan keunggulan 20-16 sehingga secara keseluruhan Celtics menang 92-87.

Nuggets Perkecil Ketinggalan

Sementara itu, Denver Nuggets memaksakan gim keenam digelar melawan Los Angeles Clippers, setelah meraih kemenangan 111–105 pada gim kelima semifinal Wilayah Barat.

Jamal Murray mencetak 16 poin, 8 rebound, dan 7 assist, Nikola Jokic menambahi 22 poin, 14 rebound, dan 5 assist, serta Paul Millsap mencetak 17 poin untuk membantu Nuggets meraih kemenangan.

Pada semifinal yang menggunakan format best of seven, kini Clippers masih unggul dengan kedudukan 3–2. Pertandingan gim keenam akan dimainkan pada Senin (14/9/2020) dini hari WIB.

Kawhi Leonard memimpin perolehan poin Clippers dengan 36 poin, dan 9 rebound, sedangkan Paul George menyumbang 26 poin, 6 rebound, dan 6 assist. Marcus Morris Sr. memasukkan 12 poin, dan Patrick Beverly membukukan 10 poin.

Tembakan 3 poin Leonard saat pertandingan menyisakan 24,8 detik memangkas keunggulan Nuggets menjadi 107–103, tetapi dua lemparan bebas Michael Porter saat laga tersisa 21,4 detik memastikan kemenangan Nuggets.

Denver Nuggets berada dalam posisi tertinggal sepanjang permainan, mereka baru mampu berada pada posisi unggul saat kuarter keempat menyisakan waktu 6:49.

Dengan menggunakan laju 21–8 untuk membuka kuarter keempat, Denver Nuggets mampu memperbesar keunggulan menjadi 94–88 melalui lemparan 3 angka Murray saat waktu menyisakan 5:48.

Mereka memperbesar keungulan menjadi 102–94 melalui lemparan 3 angka Jokic 2 menit kemudian. Namun, Clippers mampu bangkit, memangkas defisit menjadi 102–100 setelah dua foul shot dari Leonard saat waktu menyisakan 1:58.

Porter mencetak poin-poin pertamanya di gim ini melalui lemparan 3 angka saat waktu menyisakan 1:11 untuk membawa timnya unggul 5 poin, sebelum Monte Morris memasukkan dua foul shot untuk unggul 107–100.

Denver Nuggets mampu bangkit sebagian besar karena 14 poin yang disumbangkan Millsap pada kuarter ketiga, termasuk 6 poin beruntun untuk menarik timnya hingga hanya tertinggal 80–73 menjelang kuarter keempat.

Clippers menggunakan laju 11–0 untuk unggul 42–27 setelah sepasang floater Williams membuahkan poin dengan kuarter kedua menyisakan 7:40.

Nuggets memangkas defisit menjadi 10 poin setelah 2 poin yang dicetak Jokic 3 menit berselang. Namun, Clippers mampu mempertahankan keunggulan dua digit dan memimpin 55–44 menjelang pergantian babak.

Morris dan Millsap sempat bersitegang pada akhir kuarter kedua. Morris kemudian dinyatakan melakukan technical foul.

Pada kuarter ketiga dan keempat Nuggets mendominasi jalannya pertandingan dengan keunggulan 29–24 dan 38–25 sehingga secara keseluruhan menang 111–105.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

basket nba

Sumber : NBA.com, USA Today, & Antara/Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top