Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Begini Pesan Menpora Dalam Haornas 2020

Menurutnya Indonesia belum menggali potensi industri terkait olahraga secara optimal. Kebutuhan peralatan olahraga masih banyak yang berasal dari luar negeri.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 09 September 2020  |  20:49 WIB
Menteri Pemuda dan Olah Raga Zainudin Amali.ANTARA FOTO - Puspa Perwitasari
Menteri Pemuda dan Olah Raga Zainudin Amali.ANTARA FOTO - Puspa Perwitasari

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Zainudin Amali mennyampaikan ada tiga pesan besar dalam Hari Olahraga Nasional 2020. Dia mendorong pentingnya penerapan sport science, sport tourism dan sport industry.

“Bila kita ingin memacu prestasi olahraga dan meningkatkan kebugaran masyarakat maka sport science yang harus mendampingi pembinaan olahraga di Tanah Air,” kata Zainuddin memberikan sambutan Hari Olahraga Nasional ke-37 tahun 2020 di GOR POPKI, Cibubur, Jakarta, Rabu (9/9/2020).

Dia menjelaskan bahwa sport science dapat mengukur dengan tepat sehingga dpat menjadi standar dan panduan bagi pembinaan atlet. Terlebih saat ini Indonesia berkeinginan menjadi tuan rumah pelaksanaan Olimpiade pada tahun 203.

“Maka harus sejak saat ini talenta muda yang usia 10--13 tahun sudah disiapkan menjadi atlet andalan dengan pendampingan sport science yang tepat,” kata Menpora.

Tema besar selanjutnya adalah sport tourism. Menurut Zainuddin kegiatan yang mendatangkan turis harus lebih dikembangkan lagi agar menjadi sumber devisa negara. Indonesia harus mencontoh berbagai negara yang menyediakan paket wisata olahraga.

“Kondisi alam Indonesia baik daratan, lautan, pegunungan, cuaca yang sangat mendukung untuk menjadi daerah tujuan wisata olahrga atau sport tourism,” katanya.

Selanjutnya atau terakhir, sport industry. Kegiatan olahraga, kata Zainuddin tidak bisa dipisahkan dengan industri, baik industri barang atau peralatan olahrga ataupun industri jasa atau pengelolaan kegiatan olahraga.

Menurutnya Indonesia belum menggali potensi industri terkait olahraga secara optimal. Kebutuhan peralatan olahraga masih banyak yang berasal dari luar negeri.

“Kalangan industri harus sudah mulai sosialisasikan kepada stakeholder olahraga untuk semaksimal mungkin menggunakan peralatan olahraga produksi dalam negeri,” katanya.

Adapun terakti tiga tema besar itu, Kemenpora telah menandatangani nota kesepahaman dengan kementerian dan lembaga terkait. Hal ini guna mensinergikan peran dari masing-masing kementerian lembaga dengan seluruh kegiatan olahraga secara optimal.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenpora
Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top