Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Balap Sepeda Sriwijaya Ranau Gran Fondo Dihelat November 2020

Agenda olahraga balap sepeda jarak jauh, Sriwijaya Ranau Grand Fondo, dipastikan bakal digelar pada November 2020.
Suasana turnamen balap sepeda Ranau Gran Fondo 2019. Video: Youtube disparbud OKU Selatan
Suasana turnamen balap sepeda Ranau Gran Fondo 2019. Video: Youtube disparbud OKU Selatan

Bisnis.com, PALEMBANG – Agenda olahraga balap sepeda jarak jauh Sriwijaya Ranau Grand Fondo dipastikan bakal digelar pada November 2020. 

Kegiatan balap sepeda yang menempuh jarak sekitar 115 kilometer itu merupakan agenda tahunan yang digelar Pemprov Sumsel.

Kepala Dinas Pariwisata Sumsel, Aufa Syahrizal, mengatakan terdapat 920 peserta dari 10 provinsi di Indonesia yang telah mendaftarkan diri.

Sama seperti tahun lalu, kegiatan yang berpusat di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan itu, juga rencananya bakal diikuti oleh peserta dari luar negeri.

“Namun, karena belum adanya penerbangan internasional di Sumsel di masa pandemi Covid-19, hingga kini belum ada negara yang menyatakan siap mengikuti agenda olahraga tersebut,” katanya, Senin (31/8/2020). 

Adapun tiga negara yang sudah dikontak panitia, yakni Australia, Malaysia dan Singapura. Pihaknya pun masih menunggu konfirmasi keikutsertaan mereka.

Menurut dia, meski kasus Covid-19 masih terus bertambah di Sumsel namun perlahan sektor pariwisata sudah mulai berjalan normal. Oleh karena itu, Aufa meyakini, Ranau Gran Fondo yang juga masuk dalam agenda wisata itu dapat berjalan pada tahun ini.

Sebelumnya, Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan, secara tak langsung Sriwijaya Ranau Gran Fondo dapat menumbuhkan kembali minat masyarakat akan olahraga sepeda.

Selain itu, event yang di gelar di Kabupaten OKUS dengan objek pariwisata Danau Ranau itu juga dapat mendongkrak pariwisata di Sumsel.

“Banyak dampak baik yang ditimbulkan event ini. Pariwisata justru akan semakin tumbuh, termasuk juga perekonomian masyarakat akan meningkat. Peserta dan sepeda yang digunakan juga tidak dibatasi, semua boleh ikut. Saya harapkan tahun ini lebih semarak,” paparnya.

Diketahui, Sriwijaya Ranau Gran Fondo merupakan event tahunan internasional yang di gelar di Sumsel yang mengedepankan sisi pariwisata. 

Sriwijaya Ranau Gran Fondo pertama kali digelar pada November 2019 lalu dan diikuti ratusan peserta baik lokal maupun manca negara. 

Bahkan Sriwijaya Ranau Gran Fondo 2019 tersebut mendapat apresiasi tinggi dari Menteri Pariwisata dan dijadikan agenda tahunan.

“Ini juga upaya kita untuk menumbuhkan kembali minta olahraga sepeda kepada masyarakat. Saat ini, upaya itu sudah menampakkan hasil yang cukup baik. Namun kerja keras ini juga harus didukung semua pihak,” kata gubernur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper