Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

PON XXI di Aceh & Sumut Tetap Digelar 2024

PON XXI yang direncanakan digelar di Sumatra Utara dan Aceh bakal tetap berlangsung pada 2024 walaupun PON XX Papua mundur setahun akib at pandemi Covid-19.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 28 Agustus 2020  |  02:20 WIB
Rapat virtual KONI. - Antara
Rapat virtual KONI. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang direncanakan digelar di Sumatra Utara dan Aceh tetap akan berlangsung pada 2024 meski PON XX di Papua diundur setahun ke 2021 akibat pandemi Covid-19.

Hal itu merupakan salah satu hasil keputusan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) KONI 2020 yang dilaksanakan secara virtual pada Kamis (28/8/2020).

“Pelaksanaan PON XXI pada 2024 Aceh-Sumut sesuai dengan tahun penyelenggaraan Olimpiade,” kata Wakil Ketua KONI Pusat Suwarno.

Jadwal pelaksanaan dan kesiapan PON XXI menjadi pembahasan pada Rakernas KONI 2020. Provinsi Aceh dan Sumut sebelumnya sempat mengusulkan agar PON XXI digelar 4 tahun berikutnya, yakni pada 2025 sehubungan dengan adanya SK KONI Pusat tentang penundaan PON Papua ke 2021.

Namun, penangguhan PON Papua 2021 ternyata tak memengaruhi pelaksanaan PON XXI karena hal tersebut merupakan kejadian luar biasa. Dengan demikian, PON Aceh-Sumut tetap digelar pada 2024 sebagaimana tahun Olimpiade Paris digelar.

Sementara itu, untuk cabang olahraga yang dipertandingkan di PON XXI akan tetap mengikuti Aceh dan Sumut selaku tuan rumah bersama PON XXI.

Rencananya, ada total 56 cabang olahraga yang akan dipertandingkan di PON XXI Aceh-Sumut, dengan setiap  provinsi akan mempertandingkan 28 cabang olahraga (cabor).

Adapun cabor yang belum pernah dipertandingkan, lanjut Suwarno, harus terlebih dahulu melakukan eksibisi di PON Papua agar bisa dimasukkan di PON XXI Aceh-Sumut. “Khusus cabor yang telah melakukan ekshibisi di PON Papua akan ditambahkan di PON XXI 2024 Aceh-Sumut,.

Aceh dan Sumut sebelumnya terpilih sebagai tuan rumah PON XXI pada saat Musyawarah Olahraga Nasional (Musornas) KONI Pusat tahun lalu di Jakarta.

Namun, hingga saat ini kedua provinsi tersebut masih harus menunggu agar Surat Keputusan (SK) Menpora terkait penetapan dua provinsi tersebut sebagai tuan rumah bersama PON XXI.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

koni PON 2020

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top