Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Arena Aquatic PON XX di Papua Penuhi Standar Olimpiade

Federasi renang internasional, Federation Internationale de Natation (FINA), telah memberikan sertifikasi serta menyatakan Arena Aquatic Papua yang disiapkan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 telah memenuhi standar olimpiade.
Arena Aquatic PON XX Papua. Istimewa
Arena Aquatic PON XX Papua. Istimewa

Bisnis.com, Jakarta — Federasi renang internasional, Federation Internationale de Natation (FINA), telah memberikan sertifikasi serta menyatakan Arena Aquatic Papua yang disiapkan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 telah memenuhi standar olimpiade.

Kolam tanding besutan PT Waskita Karya (Persero) Tbk. itu telah dibangun sejak 7 Desember 2018 dan ditargetkan rampung pada akhir bulan ini. Pembangunan Arena Aquatic Papua menelan dana APBN hingga Rp401 miliar.

Setelah selesai dikerjakan, Arena Aquatic Papua melaksanakan sertifikasi venue sesuai dengan standar federasi renang internasional, Fédération Internationale de Natation, FINA Facility Rules pada 27 Juli 2020.

Kegiatan sertifikasi meliputi pengecekan dan pengukuran dimensi kolam dengan metode random sampling yang dilakukan oleh Ketua Bidang Sertifikasi PB PRSI dengan pengawasan konsultan spesialis FINA dari Spanyol melalui video conference.

Arena Aquatic Papua yang berlokasi di Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura, akan menjadi venue aquatic termegah di Indonesia bagian timur. Waskita Karya membangun arena ini di atas lahan seluas 23.124 meter persegi (m²) dengan luas bangunan 17.733 m², memiliki kapasitas spectator 1.722 kursi.

Arena Aquatic Papua memiliki tiga arena, yaitu kolam tanding dengan panjang 51,23 meter, lebar 25 meter, dan kedalaman 3 meter, kolam loncat indah dengan panjang 21 meter, lebar 25 meter, dan kedalaman 5 meter, serta kolam pemanasan dengan panjang 50 meter, lebar 21 meter, dan kedalaman 1 hingga 2 meter.

Arena Aquatic PON XX Papua 2020 dilengkapi dengan pencahayaan yang mumpuni sebesar 1500 lux untuk kolam tanding dan kolam diving sedangkan kolam pemanasan sebesar 600 lux. Selain itu, arena ini juga dilengkapi dengan fasilitas timing system, scoring board, sound system, tata udara, CCTV, solar panel, serta penataan kawasan untuk parkir, landscape dan bangunan penunjang lainnya.

Kolam di Arena Aquatic PON XX Papua 2020 dilengkapi dengan sistem dan peralatan dengan teknologi yang canggih, seperti dinding kolam dari panel baja modular lalu dilapisi membran PVC linear agar terhindar dari risiko kebocoran untuk jangka waktu yang panjang. Kolam kompetisi dilengkapi dengan automatic moveable bulkhead sehingga dapat dimanfaatkan untuk nomor pertandingan jarak pendek 25 meter.

“Pembangunan Arena Aquatic PON XX Papua 2020 menggunakan teknologi building information modelling (BIM) yang mencakup struktur, arsitektur, mekanikal, elektrikal sampai dengan landscape. Selain sebagai gambaran kebutuhan lapangan, penggunaan BIM juga dioptimalkan untuk memenuhi standar internasional yang ditetapkan oleh FINA,” kata Project Manager Proyek Pembangunan Arena Aquatic Papua, Hapsak Panca Pamungkas.

Waskita Karya juga melengkapi sistem pengelolaan air kolam dengan sistem ultraviolet yang berfungsi mematikan bakteri serta mengurangi kadar penggunaan klorin. Ditambah robotic cleaner yang bergerak secara otomatis untuk membersihkan kotoran di lantai dan dinding kolam.

Sistem filtrasi yang terintegrasi dengan sistem disinfektan telah dilengkapi smart control devices untuk mengatur suplai bahan kimia sesuai kebutuhan aktual kolam secara presisi dan real time, sistem smart pool ini didukung oleh Fluidra Indonesia sebagai pool specialist. Aksesoris pertandingan seperti papan loncat, tali jalur lintasan, dan lainnya juga telah memenuhi standar yang disyaratkan oleh FINA.

Dengan FINA Rules yang memiliki banyak standar yang harus dipenuhi seperti struktur kolam (panjang, lebar, tinggi tiap kolam), fasilitas kolam, pencahayaan field of play, dan pengaturan suhu air permukaan kolam, penggunaan teknologi BIM menjadi sangat penting dalam optimalisasi desain sehingga perencanaan pembangunan menjadi lebih akurat dan presisi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper