Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

PABBSI Segera Dibubarkan, Ini Penyebabnya

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat segera membubarkan organisasi Persatuan Angkat Besi, Angkat Berat, dan Binaraga Seluruh Indonesia (PABBSI).
Newswire
Newswire - Bisnis.com 22 Juli 2020  |  00:33 WIB
Lifter nasional asal Lampung, Eko Yuli Irawan, saat menjuarai angkat besi 62 kg Asian Games 2018. - Bisnis.com
Lifter nasional asal Lampung, Eko Yuli Irawan, saat menjuarai angkat besi 62 kg Asian Games 2018. - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat memutuskan akan membubarkan organisasi Persatuan Angkat Besi, Angkat Berat, dan Binaraga Seluruh Indonesia (PABBSI) pada rapat kerja nasional pada 25 Agustus 2020.

Keputusan yang akan diresmikan pada Rakernas KONI itu diambil sehubungan dengan desakan pemisahan ketiga cabang olahraga tersebut untuk memiliki federasi masing-masing. Hal itu sesuai dengan aturan dari Federasi Angkat Besi Dunia (IWF).

“Kami harus mengikuti aturan internasional. Maka, saya sudah siapkan akte pendirian ketiga cabang olahraga dan telah terdaftar di Departemen Hukum dan HAM (Depkumham) sebagai organisasi olahraga,” ungkap Wakil Ketua Umum PB PABBSI Joko Pramono di Jakarta pada Selasa (21/7/2020).

Ketiga organisasi itu, menurut Joko, masing-masing sudah diputuskan diganti dengan nama Perkumpulan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABSI), Perkumpulan Angkat Berat Seluruh Indonesia (Pabersi), serta Perkumpulan Binaraga dan Fitnes Indonesia (PBFI).

Meski telah berpisah, PABSI, kata Joko, akan tetap dipimpin oleh Rosan P. Roeslani, Pabersi diketuai Irwan Ali, sedangkan PB PBFI oleh Ana Maria yang merupakan putri pelatih legenda angkat besi asal Lampung, Imron Rosadi.

Pada awalnya, ketiga cabang olahraga itu tergabung dalam satu federasi, yakni International Weighlifting Federation (IWF). Lantas, terpecah menjadi tiga, yaitu International Weighlifting Federation (IWF) untuk cabang angkat besi, World Bodybuilding & Physique Sports Federation (WBPF) untuk binaraga, dan International Powerlifting Federation (IPF) khusus angkat berat.

Secara terpisah, Sekjen KONI Pusat Ade Lukman membenarkan bahwa pemisahan PB PABBSI akan diumumkan pada Rakernas KONI Pusat.

"Ya, dalam rakernas nanti kita umumkan PABSI, Pabersi, dan PBFI menjadi anggota KONI Pusat," kata Ade.

Sebelumnya, keputusan pemisahan juga telah disepakati dalam Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) PB PABBSI pada Desember 2019. Tidak ada keberatan dari pengurus provinsi maupun pengurus setiap cabang olahraga.

Berdasarkan hasil munaslub tersebut, ketiga cabang olahraga diberi waktu 11 bulan untuk menentukan nama baru serta membentuk struktur organisasi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

angkat besi

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top