Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tenis Roland Garros Boleh Dihadiri Penonton, AS Terbuka Tidak

Turnamen tenis Prancis Terbuka akan dimulai pada 27 September 2020 dan penonton diperbolehkan langsung hadir di Roland Garros, Paris.
Petenis Australia Ashleigh Barty juara single putri Prancis Terbuka 2019./Antara/Reuters
Petenis Australia Ashleigh Barty juara single putri Prancis Terbuka 2019./Antara/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Turnamen tenis Prancis Terbuka akan dimulai pada 27 September 2020 dan penonton diperbolehkan langsung hadir di Roland Garros, Paris,

Pandemi mengakibatkan jadwal Prancis Terbuka berubah dari biasanya Mei-Juni menjadi dimulai pada 20 September untuk babak kualifikasi.

Dengan demikian, babak utama turnamen tenis grand slam di Paris itu dimulai sepekan kemudian dan selesai pada 11 Oktober dan AS Terbuka sudah dikonfirmasi akan dimulai pada 31 Agustus, tur ATP (Association of Tennis Professionals) dan WTA (Women's Tennis Association) mengumumkan tanggal mulai kembali.

Tur ATP akan dilanjutkan di Washington mulai 14 Agustus sementara WTA dimulai di Palermo, Italia, pada 3 Agustus.

Berbeda dengan AS Terbuka di New York, Roland Garros akan mempertahankan pertandingan kualifikasi pada pekan sebelum babak utama utama.

"Dalam iklim yang sulit saat ini, kami sangat sadar bahwa itu adalah keistimewaan untuk dapat mempertahankan Roland Garros dalam format yang biasa," kata Bernard Giudicelli, presiden Federasi Tenis Prancis (FFT).

"Terutama karena babak kualifikasi akan membantu secara finansial mendukung kategori pemain profesional yang telah sangat dipengaruhi oleh krisis yang belum pernah terjadi sebelumnya.

"Keputusan yang bertanggung jawab yang kami buat pada 17 Maret untuk menunda turnamen Roland Garros sampai musim gugur berarti turnamen lapangan tanah liat 2020 ini dapat diselamatkan, asalkan situasi saat ini terus membaik."

Pemimpin tenis Prancis itu juga berkeras bahwa para penggemar akan diizinkan untuk menghadiri pertandingan Roland Garros.

"Akan ada sejumlah penonton, persentasenya akan ditentukan dalam kesepakatan bersama dengan otoritas publik," kata Giudicelli. "Opsi semacam ini membutuhkan kerja sama nyata dengan otoritas publik. Masih terlalu dini untuk dapat memberikan bahkan perkiraannya hari ini."

Pada 2019, ada 520.000 penonton yang membayar tiket untuk menyaksikan pertandingan di Roland Garros.

Setelah Washington, ATP Tour akan melewati Rogers Cup yang sekarang dibatalkan di Toronto, dan menuju New York untuk pindah ke Cincinnati Masters dan kemudian AS Terbuka.

Setelah grand slam US Open selesai, tur menuju Eropa untuk turnamen lapangan tanah liat Madrid Open dan Italian Masters menjelang Prancis Terbuka.

"Kalender dapat berubah dan penilaian lanjutan akan dibuat terkait dengan kesehatan dan keselamatan, kebijakan perjalanan internasional, dan persetujuan pemerintah atas acara olahraga," kata juru bicara ATP, seperti dikutip AFP dan ditulis Antara pada Kamis (18/6/2020).

"Semua acara akan diadakan di bawah panduan ketat terkait kesehatan dan keselamatan, jarak sosial, pengurangan atau tidak ada penggemar di arena."

ATP mengatakan pembaruan lebih lanjut ke Asia menjelang acara indoor Eropa, yang memuncak dengan Final ATP yang berakhir musim di London, diharapkan pada pertengahan Juli.

"Tujuan kami adalah menjadwal ulang sebanyak mungkin turnamen dan menyelamatkan sebanyak mungkin musim ini," kata kepala ATP Andrea Gaudenzi.

Berbeda dengan ATP, WTA menetapkan rencana untuk mengunjungi Asia setelah Roland Garros selesai dengan China Open di Beijing ditetapkan pada 12 Oktober, dan menuju Final WTA di Shenzhen 9-15 November.

Turnamen WTA tidak akan menghadirkan penggemar di arena. "Untuk saat ini, energi vital para penonton di stadion akan sangat dirindukan, tetapi mitra media dan penyiaran kami sedang mengeksplorasi cara-cara baru untuk terlibat dengan penggemar kami yang fantastis," kata CEO WTA Steve Simon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : AFP/Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper