Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Susi Susanti Vs Bang Soo Hyun di Birmingham. - Dok. BWF
Premium

Historia Bisnis: Susi Susanti dan Sejarah 6 Juni di Birmingham

06 Juni 2020 | 10:59 WIB
Susi Susanti mencatatkan prestasi tertinggi dalam karirnya di Birmingham pada 6 Juni 1993.

Bisnis.com, JAKARTA – Saat mencatatkan diri sebagai pebulutangkis Indonesia pertama yang juara Olimpiade pada kompetisi di Barcelona 1992, sempat ada pandangan bahwa Susi Susanti sudah menggapai puncak tertinggi dalam kariernya.

Pandangan itu nyatanya tak sepenuhnya benar. Seiring dengan berjalannya waktu, terbukti bahwa puncak karier atlet kelahiran Tasikmalaya tersebut bukan di tahun 92. Bukti sahih atas dominasi Susi tampak setahun sesudahnya, alias 6 Juni 1993.

Di tahun tersebut, Susi mampu meraih dua gelar bergengsi lain, All England dan Kejuaraan Dunia. Catatan tersebut membuat Susi hingga kini tercatat dalam buku sejarah: menjadi satu-satunya atlet tunggal putri yang bisa merengkuh ketiga gelar di atas (Olimpiade, All England, dan Kejuaraan Dunia) secara berturut-turut.

Menariknya, baik di All England maupun Kejuaraan Dunia 1993, pada partai final Susi berjumpa dengan lawan yang sama. Ia adalah Bang Soo Hyun, wakil Korea Selatan.

Pada final All England yang dihelat lebih dulu, Susi menang setelah melalui duel tiga set. Masing-masing dengan poin 7-11, 11-9 dan 11-3.

Begitu pula pada partai puncak Kejuaraan Dunia yang dihelat di Birmingham pada 6/6/1993. Sempat takluk 7-11 pada gim pertama, Susi membalas 11-9 pada set kedua dan menang telak 11-3 saat rubber-set.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top