Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Asosiasi Petenis Profesional Gandeng Eks Kapten Arsenal Tony Adams

ATP memggandeng Sporting Chance dan Headspace meluncurkan program bantuan penanganan kesehatan mental para petenis.
Mantan kapten Arsenal Tony Adams di Stadion Emirates, markas Arsenal. Adams adalah pendiri Sporting Chance Clinic./sportingchanceclinic.com
Mantan kapten Arsenal Tony Adams di Stadion Emirates, markas Arsenal. Adams adalah pendiri Sporting Chance Clinic./sportingchanceclinic.com

Bisnis.com, JAKARTA – Association of Tennis Professionals (ATP) menggandeng yayasan Sporting Chance dan Headspace meluncurkan program bantuan penanganan kesehatan mental para petenis dan staf selama masa penutupan turnamen akibat pandemi virus corona Covid-19.

Penghentian musim tenis profesional sejak 2 bulan lalu bakal berlanjut hingga setidaknya akhir bulan depan. Situasi itu merupakan masalah besar bagi petenis berperingkat rendah yang hanya bergantung pada kemenangan di turnamen sebagai lahan mencari nafkah.

"Menjadi kuat secara mental sama pentingnya dengan kekuatan fisik dalam tenis, dan menjaga kesehatan mental para petenis dan staf kami adalah prioritas utama," demikian pernyataan tertulis Ketua ATP Andrea Gaudenzi pada Rabu (27/5/2020).

Belum adanya kejelasan kapan turnamen tenis dapat dilanjutkan membuat banyak petenis terjebak dalam kecemasan ketika mereka berjuang untuk mengatasi ketidakpastian yang ada di depan mata.

"Semua orang telah beradaptasi dengan mengisolasi diri dan mengalami penurunan aktivitas fisik selama pandemi, ini memiliki efek yang sangat merugikan pada atlet profesional yang terbiasa dengan struktur pelatihan tertentu dan bermain hari demi hari," kata Gaudenzi.

Kerja sama antara ATP dan Sporting Chance memberikan akses bagi para petenis untuk bertemu terapis berpengalaman yang kerap menangani atlet elit.

Sporting Chance didirikan oleh mantan kapten timnas sepak bola Inggris dan klub Liga Primer Arsenal yaitu Tony Adams yang bertujuan membantu kesejahteraan emosional dan penanganan gangguan kecanduan obat-obatan.

"Tantangan yang dialami semua olahragawan dan profesional terkait dengan pandemi akan memengaruhi kita semua dengan cara berbeda," kata Adams, yang terkenal dengan tandukan “mengerikan” saat berupaya mencetak gol dengan menyambut bola umpan sepak pojok yang didapat timnya.

“Melalui uluran tangan kita kepada mereka yang membutuhkan saat ini adalah penting bagiku, dan bekerja dengan organisasi seperti ATP adalah suatu kesempatan menyenangkan!" tambahnya.

Sebagai bagian dari kemitraan lain, Headspace akan menyediakan langganan aplikasi gratis bagi pemain dan karyawan ATP. Mereka akan diberikan akses ke semua konten meditasi dan relaksasi mental lebih dari 1.200 jam.

Pada awal bulan ini, ATP juga mengumumkan kemitraan berdurasi 2 tahun dengan platform pembelajaran daring Coursera yang akan memungkinkan pemain mengakses lebih dari 4.000 kursus gratis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/Reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper