Inggris Terbitkan Protokol Latihan, Kompetisi Tanpa Penonton

Pemerintah Inggris telah menerbitkan protokol bagi para atlet agar bisa kembali menjalani pelatihan dengan aman.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 14 Mei 2020  |  15:34 WIB
Inggris Terbitkan Protokol Latihan, Kompetisi Tanpa Penonton
Menteri Digital, Budaya, Media, dan Olahraga Inggris Oliver Dowden - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA –- Pemerintah Inggris telah menerbitkan protokol bagi para atlet agar bisa kembali menjalani pelatihan dengan aman seiring dengan adanya lampu hijau kompetisi olahraga elit bisa dilanjutkan tanpa disaksikan penonton di stadion mulai 1 Juni.

Langkah pertama dari protokol tersebut mencatat bahwa setiap atlet dan pemain diizinkan berlatih di fasilitas pelatihan yang sama, tetapi tetap diminta melakukannya secara individu dengan menerapkan aturan social distancing.

Sementara itu, langkah kedua memungkinkan latihan dilakukan secara berkelompok sehingga para pemain dan pelatih bisa melakukan kontak jarak dekat. Namun, tahapan kedua ini baru bisa terjadi jika pemerintah memberikan lampu hijau.

"Protokol memungkinkan atlet bisa memulai lagi olahraga kompetitif secara tertutup. Namun, kami belum memberi lampu hijau. Itu hanya dapat terjadi atas saran para ahli medis," kata Menteri Digital, Budaya, Media, dan Olahraga Inggris Oliver Dowden seperti dikutip AFP dan dilansir Antara pada Kamis (14/5/2020).

Sejumlah klub Liga Inggris juga sudah mulai melakukan sesi latihan individu. Mereka berharap agar latihan tim bisa dilakukan secepatnya pekan depan sebagai persiapan restart Liga Primer yang kemungkinan dilanjutkan pada pertengahan bulan depan.

Namun, Kepala Eksekutif Olahraga Inggris Sally Munday menyatakan pilihan untuk kembali berlatih secara kelompok itu tetap menjadi keputusan personal setiap pemain.

"Setiap olahraga dan keadaan seseorang berbeda-beda. Sementara jelas ada banyak yang ingin kembali berlatih sesegara mungkin. Akan ada orang-orang yang menentang karena peduli dengan keadaan mereka," kata Munday.

Sejumlah pemain klub Liga Primer Inggris sempat merasa khawatir soal kemungkinan terburuk yang dapat terjadi apabila liga dilanjutkan.

"Momen kita kembali adalah bukan hanya untuk alasan sepak bola, tapi kondisi aman bagi kami para pemain dan seluruh staf medis serta wasit," kata pemain depan Manchester City Raheem Sterling.

Protokol latihan yang sudah diterbitkan itu masih akan terus disesuaikan dengan kebutuhan para pemain dan staf sebelum segala bentuk pelatihan benar-benar dapat digelar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
inggris, Virus Corona

Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Sumber : Antara/AFP

Editor : M. Syahran W. Lubis
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top