Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kejuaraan Triathlon IronMan 70.3 Lombok 2020 Diundur Setahun

Kejuaraan triathlon IronMan 70.3 Lombok 2020 yang sedianya digelar di Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada 4 Juli diundur setahun.
Ilustrasi perlombaan triathlon/Bloomberg
Ilustrasi perlombaan triathlon/Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Kejuaraan triathlon IronMan 70.3 Lombok 2020 yang sedianya digelar di Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada 4 Juli diundur hingga 3 Juli 2021 akibat pandemi virus corona jenis baru Covid-19.

"Sesuai dengan arahan Pemprov Barat, akibat darurat pandemi virus corona, kami umumkan bahwa IronMan 70.3 Lombok Triathlon 2020 yang mulanya dijadwalkan pada 4 Juli ditangguhkan hingga 3 Juli 2021," kata penyelenggara pada Rabu (22/4/2020).

Dalam pernyataan resmi penyelenggara, semua atlet yang telah mendaftar untuk IronMan 70.3 Lombok Triathlon 2020 akan menerima pemberitahuan melalui email dari panitia dengan informasi lanjut dan lebih detail.

"Dengan kondisi dinamis saat ini yang terus berubah secara global, kami dengan berat hati memahami kekecewaan yang ditimbulkan karena penundaan tersebut. Akan tetapi, kami berkomitmen mempersiapkan penyelenggaraan event mendatang dengan sebaik-baiknya untuk para atlet."

Kejuaraan triathlon IronMan 70.3 Lombok 2020 seharusnya menjadi ajang pembuktian penyelenggara lokal mampu menggelar event berkelas internasional karena sebelumnya dikendalikan oleh penyelenggara asing. Untuk IronMan 70.3 Lombok 2020 dikelola oleh Indonesia Sports and Event Management (ISM).

"Ini yang pertama dikerjakan oleh penyelenggara lokal. Memang perlu kerja keras untuk mendapatkan lisensi ini, kita harus bekerja dengan maksimal," kata CEO ISM Arie Sukirno sebelumnya.

Arie mengakui ini kejuaraan pertama yang ditangani ISM. Namun, dia menegaskan penyelenggaraannya tidak akan kalah dibandingkan dengan saat masih ditangani asing. Terlebih penyelenggaraannya bakal dipandu langsung pemilik hak cipta IronMan, World Triathlon Corporation (WTC).

Yang membedakan, kata dia, rasa Indonesia dinilai bakal lebih kental mengingat mayoritas panitia penyelenggara hingga race director bakal dipegang langsung oleh orang Indonesia sendiri.

"Rasa Indonesia bakal lebih terasa di sini (Lombok) meski kejuaraan belum mengaplikasikan IRONMAN 70.3 secara penuh. Kita lakukan secara bertahap. Kalau dari segi infrastruktur, Lombok sudah sangat bagus. Jalanan, hotel, fasilitas, semua sudah memenuhi syarat. Karena itu pihak WTC pun langsung menyetujui penyelenggaraan di Lombok," ujar Arie menegaskan.

IronMan 70.3 Lombok 2020 akan melombakan tiga cabang olahraga yang dimulai dengan renang laut sejauh 1,9 km, bersepeda sejauh 90 km, dan dilanjutkan dengan lari 21 km.

Khusus untuk target peserta, ISM membidik 1.000 peserta dari dalam dan luar negeri. Selain peserta individu, penyelenggara juga mengharapkan kehadiran peserta dalam bentuk tim. Hanya saja, untuk tim dibatasi kuota 40 tim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper