Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Djokovic, Federer, Nadal Bahas Bantuan untuk Petenis Lapis Bawah

Novak Djokovic membahas dengan Roger Federer dan Rafael Nadal tentang cara membantu pemain berperingkat lebih rendah menghadapi kesulitan finansial di tengah pandemi virus Covid-19.
Petenis Serbia Novak Djokovic/Reuters/Athit Perawongmetha
Petenis Serbia Novak Djokovic/Reuters/Athit Perawongmetha

Bisnis.com, JAKARTA – Novak Djokovic membahas dengan sesama anggota Dewan Pemain ATP (Association of Tennis Professionals), Roger Federer dan Rafael Nadal, tentang cara membantu pemain berperingkat lebih rendah menghadapi kesulitan finansial di tengah pandemi virus Covid-19.

"Saya berbicara dengan Roger dan Rafa beberapa hari lalu dan kami membahas mengenai masa depan tenis dalam waktu dekat. Bagaimana kami bisa berkontribusi untuk membantu mereka yang berperingkat rendah yang pasti paling kesulitan, kata Djokovic pada Minggu (19/4/2020).

Menjawab pertanyaan penggemar saat ia melakukan obrolan langsung di Instagram dengan Stan Wawrinka, ketua Dewan Pemain Djokovic mengatakan langkah-langkah akan diambil untuk memastikan bahwa hanya para pemain yang pantas menerima yang akan mendapat manfaat dari rencana bantuan apa pun.

"Mayoritas pemain berperingkat antara 250 hingga 700 atau 1.000 tidak mendapat dukungan federasi atau sponsor dan mereka independen serta dibiarkan sendiri."

Musim kompetisi tenis ditangguhkan pada awal Maret karena pandemi, membuat pemain di tier bawah yang hanya menggantungkan diri pada kemenangan turnamen kehilangan kesempatan mencari nafkah.

Nasib para pemain berperingkat di luar 100 teratas pada tunggal telah mendorong para pemangku kepentingan—ATP, WTA, ITF dan penyelenggara empat Grand Slams—untuk menyusun rencana memberi bantuan.

"Semoga para pemain (juga) akan berkontribusi secara kolektif pada dana bantuan yang oleh ATP (dan lainnya) akan didistribusikan menggunakan model dan kriteria," tambah Djokovic.

"Anda ingin menghindari memberi uang kepada pemain yang pas dengan kategori ini (peringkat bawah) tapi tidak membutuhkan uang dibanding orang lain... semoga US$3 juta hingga US$4,5 juta akan didistribusikan ke pemain peringkat bawah."

Djokovic, 17 kali juara Grand Slam, mengatakan solusi jangka pendek lainnya mungkin termasuk mengalihkan uang bonus yang diperuntukkan bagi pemain top dari event akhir musim seperti ATP Finals ke dana bantuan tersebut.

"Jika kita tidak punya event (pada 2020), mungkin hadiah uang Australia Open tahun depan bisa didistribusikan ke dana tersebut," kata petenis Serbia itu.

"Saya senang ekosistem tenis ada bergabung. Semua orang menyadari dasar tenis. Para pemain peringkat 250 dan seterusnya adalah mereka yang akan menentukan masa depan tenis.”

"Kita harus menunjukkan kepada mereka bahwa mereka tidak dilupakan. Kita juga harus mengirim pesan kepada para pemain muda bahwa mereka bisa menjalani tenis ketika terjadi krisis finansial."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper