Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Atletik Dunia Siapkan Pedoman Cegah Penyakit Menular

World Athletics akan memberikan pedoman dan informasi yang terperinci mengenai Covid-19 termasuk langkah-langkah pencegahannya kepada sejumlah pihak penyelenggara olahraga.
Mantan sprinter juara dunia dari Jamaika, Usain Bolt./Reuters-Gilbert Bellamy
Mantan sprinter juara dunia dari Jamaika, Usain Bolt./Reuters-Gilbert Bellamy

Bisnis.com, JAKARTA – Federasi atletik dunia, World Athletics, akan memberikan pedoman dan informasi yang terperinci mengenai Covid-19 termasuk langkah-langkah pencegahannya kepada sejumlah pihak penyelenggara kegiatan lomba lari maraton maupun kegiatan olahraga lainnya.

Atletik Dunia mengatakan akan membentuk gugus tugas medis yang terdiri dari perwakilan beberapa cabang olahraga yaitu bersepeda, ski, dayung, dan triatlon untuk menyusun pedoman pencegahan virus corona jenis baru itu.

Selain itu, Institusi Internasional Pengobatan untuk Perlombaan (IIRM) juga akan dilibatkan dalam proses penyusunan pedoman tersebut.

Atletik Dunia mengungkapkan pandemi Covid-19 di berbagai belahan dunia memang menjadi alasan utama pembentukan gugus tugas ini, tapi organisasi itu juga mengantisipasi penyakit-penyakit berbahaya lainnya.

“Selain Covid-19, penyelenggara kegiatan olahraga juga harus mewaspadai Norovirus dan penyakit menular lainnya. Oleh karena itu, gugus tugas medis akan menyusun pedoman pencegahan untuk mengurangi risiko penularan penyakit-penyakit itu,” kata Direktur Kesehatan dan Sains Atletik Dunia Stephane Bermon seperti dilansir Antara pada Jumat (17/4/2020) tengah malam WIB mengutip AFP.

Kewajiban gugus tugas medis itu di antaranya menyediakan alat atau sarana khusus yang dapat mengukur risiko penularan penyakit sekaligus menentukan rencana mitigasi yang tepat dan juga rencana alternatif lain.

Di samping itu, gugus tugas medis akan memberikan sosialisasi kepada penyelenggara serta federasi olahraga mengenai langkah-langkah yang harus dilakukan agar seluruh kegiatan bisa berlangsung normal kembali baik setelah pandemi Covid-19 maupun pandemi wabah penyakit lainnya.

Terakhir, gugus tugas medis juga harus menganalisa apakah orang-orang yang selamat dari virus corona mempunyai risiko tertentu apabila berpartisipasi dalam kegiatan olahraga tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/AFP
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper