Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Atletik Dunia Siapkan Pedoman Cegah Penyakit Menular

World Athletics akan memberikan pedoman dan informasi yang terperinci mengenai Covid-19 termasuk langkah-langkah pencegahannya kepada sejumlah pihak penyelenggara olahraga.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 18 April 2020  |  10:29 WIB
Mantan sprinter juara dunia dari Jamaika, Usain Bolt. - Reuters/Gilbert Bellamy
Mantan sprinter juara dunia dari Jamaika, Usain Bolt. - Reuters/Gilbert Bellamy

Bisnis.com, JAKARTA – Federasi atletik dunia, World Athletics, akan memberikan pedoman dan informasi yang terperinci mengenai Covid-19 termasuk langkah-langkah pencegahannya kepada sejumlah pihak penyelenggara kegiatan lomba lari maraton maupun kegiatan olahraga lainnya.

Atletik Dunia mengatakan akan membentuk gugus tugas medis yang terdiri dari perwakilan beberapa cabang olahraga yaitu bersepeda, ski, dayung, dan triatlon untuk menyusun pedoman pencegahan virus corona jenis baru itu.

Selain itu, Institusi Internasional Pengobatan untuk Perlombaan (IIRM) juga akan dilibatkan dalam proses penyusunan pedoman tersebut.

Atletik Dunia mengungkapkan pandemi Covid-19 di berbagai belahan dunia memang menjadi alasan utama pembentukan gugus tugas ini, tapi organisasi itu juga mengantisipasi penyakit-penyakit berbahaya lainnya.

“Selain Covid-19, penyelenggara kegiatan olahraga juga harus mewaspadai Norovirus dan penyakit menular lainnya. Oleh karena itu, gugus tugas medis akan menyusun pedoman pencegahan untuk mengurangi risiko penularan penyakit-penyakit itu,” kata Direktur Kesehatan dan Sains Atletik Dunia Stephane Bermon seperti dilansir Antara pada Jumat (17/4/2020) tengah malam WIB mengutip AFP.

Kewajiban gugus tugas medis itu di antaranya menyediakan alat atau sarana khusus yang dapat mengukur risiko penularan penyakit sekaligus menentukan rencana mitigasi yang tepat dan juga rencana alternatif lain.

Di samping itu, gugus tugas medis akan memberikan sosialisasi kepada penyelenggara serta federasi olahraga mengenai langkah-langkah yang harus dilakukan agar seluruh kegiatan bisa berlangsung normal kembali baik setelah pandemi Covid-19 maupun pandemi wabah penyakit lainnya.

Terakhir, gugus tugas medis juga harus menganalisa apakah orang-orang yang selamat dari virus corona mempunyai risiko tertentu apabila berpartisipasi dalam kegiatan olahraga tersebut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

atletik Virus Corona

Sumber : Antara/AFP

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top