Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Olimpiade Ditunda, Pelatnas Balap Sepeda Butuh Alat Latih Virtual

Dengan peralatan virtual training yang terkoneksi dengan internet itu, lanjut Dadang, para pebalap trek bisa mengikuti program latihan seperti yang dijalankan pebalap luar negeri.
Atlet balap sepeda BMX nasional Elga Kharisma Novanda/Antara-Zabur Karuru
Atlet balap sepeda BMX nasional Elga Kharisma Novanda/Antara-Zabur Karuru

Pelatnas Balap Sepeda Olimpiade yang dilakukan di dua daerah di Jawa Timur tetap berjalan hingga saat ini, namun mereka masih membutuhkan fasilitas virtual training dan peralatan gym untuk menunjang program latihan baik nomor trek maupun BMX.

Bisnis.com, JAKARTA - Pelatih kepala balap sepeda Indonesia Dadang Haries Poernomo, melalui keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Minggu (13/4/2020), mengatakan bahwa saat ini timnas balap sepeda lebih banyak menghabiskan waktu latihan indoor sebagai pencegahahan penyebaran COVID-19.

Namun ternyata latihan tersebut diakuinya masih kurang maksimal sehingga dibutuhkan perlengkapan lainnya.

“Peralatan virtual training itu sudah digunakan pebalap sepeda dunia khusus nomor trek yang menjalani latihan indoor. Keberadaan virtual training itu bukan hanya bisa menghilangkan kejenuhan, tetapi juga mendukung peningkatan prestasi para pebalap khusus nomor trek," ujar Dadang.

Dengan peralatan virtual training yang terkoneksi dengan internet itu, lanjut Dadang, para pebalap trek bisa mengikuti program latihan seperti yang dijalankan pebalap luar negeri dan mengikuti lomba-lomba yang ada.

Selain peralatan virtual training, para pebalap nomor trek dan BMX itu, kata Dadang, juga membutuhkan tempat gym. Sebab, area gym yang ada di Malang maupun Banyuwangi kini sudah tidak beroperasi di tengah kondisi pandemi COVID-19.

“Kita sangat membutuhkan peralatan gym karena selama ini menggunakan gym yang ada di Malang dan Banyuwani. Peralatan itu kan bisa digunakan secara bergantian para pebalap pelatnas Olimpiade baik nomor trek maupun BMX," ujarnya lagi.

Di tengah pandemi virus corona yang melanda hampir seluruh dunia, pelatnas balap sepeda untuk Olimpiade Tokyo masih terus berjalan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Tempat latihan balap sepeda itu terbagi di dua daerah, yaitu Malang untuk nomor trek dan Banyuwangi untuk BMX.

Sebelumnya, Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) telah mendapat jatah anggaran Rp6,2 miliar dari Kemenpora untuk pelatnas Olimpiade yang penyelenggarannya diundur ke tahun 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper