Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BWF Tunda Turnamen Bulu Tangkis Indonesia Open 2020

Indonesia Open 2020 adalah salah satu turnamen grade 2 yang akan ditunda. Sebelumnya PBSI telah mengajukan penundaan Indonesia Open kepada BWF menjadi bulan September 2020. n 
Ganda putra Indonesia peringkat dua dunia, Hendra Setiawan-Mohammad Ahsan/Badminton Indonesia
Ganda putra Indonesia peringkat dua dunia, Hendra Setiawan-Mohammad Ahsan/Badminton Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Federasi Bulu Tangkis Dunia  (BWF) kembali mengumumkan penundaan turnamen-turnamen di bulan Mei hingga Juli 2020, termasuk Indonesia Open. Sebelumnya, 12 turnamen juga telah ditunda akibat wabah Covid-19 yang masih menjadi ancaman di seluruh dunia.
 
Sebanyak empat turnamen grade 2 dan sembilan turnamen grade 3 akan ditunda hingga waktu yang belum ditentukan. 
 
Indonesia Open 2020 adalah salah satu turnamen grade 2 yang akan ditunda. Sebelumnya PBSI telah mengajukan penundaan Indonesia Open kepada BWF menjadi bulan September 2020. 
 
"Kami memahami kondisi ini dan mendukung langkah yang diambil BWF, karena masa darurat Covid-19 sampai akhir Mei, jadi BIO memang tidak mungkin diselenggarakan di jadwal awal," kata Sekretaris Jenderal PP PBSI ini, Achmad Budiharto melalui keterangan tertulis, Senin (6/4/2020).
 
Menurut dia, PBSI masih menunggu pengaturan jadwal lebih lanjut. "Kami terus berkoordinasi dengan BWF dan sudah membicarakan beberapa alternatif waktu yang paling tepat untuk penyelenggaraan BIO," ujar dia. 
 
Budiharto mengatakan bahwa PBSI dan BWF telah memutuskan bahwa penyelenggaraan Blibli Indonesia Open (BIO) 2020 yang merupakan turnamen level Super 1000 ini akan tetap dilangsungkan di tahun ini. 
 
Selagi menunggu kepastian tanggal penyelenggaraan BIO, panitia pelaksana juga telah melakukan berbagai persiapan di antaranya membuat konsep event, memastikan reservasi lokasi penyelenggaraan turnamen, serta rapat koordinasi bagian-bagian terkait. 

Sementara itu, pada pekan lalu BWF juga telah mengumumkan adanya pembekuan rangking, termasuk rangking di kelas junior (U-19). Rangking dibekukan hingga waktu yang belum ditentukan. Rangking dunia yang berlaku adalah rangking hingga tanggal 17 Maret 2020, rangking ini akan menjadi acuan untuk pendaftaran dan penentuan daftar unggulan di turnamen berikutnya, yang juga masih belum ditentukan kapan. 

 
"Saya rasa freeze rangking ini adalah keputusan yang bijak dari BWF. Kami bisa memahami ini menjadi concern bagi para pemain, terkait kesepakatan dengan sponsor. PBSI juga akan membantu para atlet untuk mencari win-win solution ke pihak sponsor," kata Budiharto. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler