Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Raja Sapta : Bob Hasan Sosok Besar Olahraga Indonesia

Meninggalnya Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia, Bob Hasan, menjadi kehilangan besar bagi dunia olahraga Indonesia.
Bob Hasan./Bisnis-Abdullah Azzam
Bob Hasan./Bisnis-Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden National Olympic Committe (NOC) Indonesia Raja Sapta Oktohari menyampaikan bahwa meninggalnya Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia, Bob Hasan, menjadi kehilangan besar bagi dunia olahraga Indonesia.

"Dunia olahraga Indonesia telah kehilangan tokoh yang dedikasinya sangat tinggi dalam mengangkat olahraga Indonesia," ujar Raja Sapta lewat sambungan telepon pada Selasa (31/3/2020).

Meninggalnya Bob Hasan pada Selasa pukul 11.00 WIB ini mengagetkan seluruh pihak terutama keolahragaan di Indonesia. Di tangannya, cabang atletik mulai dipandang oleh dunia karena melahirkan sejumlah atlet berbakat.

Sebut saja nama-nama seperti Suryo Agung Wibowo, Triyaningsih, Maria Londa, hingga Lalu Muhammad Zohri. Nama terakhir ini menjadi perbincangan hangat terutama saat meraih medali emas di nomor 100 meter di Kejuaraan Dunia Asia Junior 2018 dan akan tampil di Olimpiade Tokyo.

Selain menjabat sebagai Ketua Umum PB PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia), Bob Hasan juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum PB PABBSI (Persatuan Angkat Besi & Angkat Berat Seluruh Indonesia). Dia juga menempatkan orang kepercayaannya di kursi PB Perpani yakni Haposan Panggabean.

Keputusan Bob tak salah, di bawah asuhan Haposan lahir trio srikandi Indonesia yakni Nurfitriyana Saiman, Kusuma Wardani, dan Lilis Handayani saat meraih perak Olimpiade Seoul 1988.

"Semua cabang olahraga yang dipegangnya banyak lahir atlet-atlet berkualitas yang mampu mengharumkan nama bangsa dan negara di ajang multi event dan single even. Terus terang, saya sangat hormat dan kagum dengan sosok pak Bob yang mengabdi dalam dunia olahraga atletik hingga akhir hidupnya," kata Okto.

Okto pun mewakili NOC Indonesia menyampaikan duka yang mendalam atas kepergian Bapak Atletik Indonesia tersebut.

"Saya dan jajaran pengurus NOC Indonesia ikut belasungkawa. Innalilahi wainnailaihirojiun. Semoga almarhum wafat dalam husnul khotimah, semua kebaikan diterima, serta mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT," ucapnya.

Bob Hasan meninggal dunia dalam usia 89 tahun. Dia mengidap penyakit kanker dan telah menjalani perawatan secara intensif selama 3 bulan terakhir. Rencananya, almarhum bakal dimakamkan di Ungaran, Jawa Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper