Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Olimpiade 2020 Diundur, IOC Jamin Posisi Atlet yang Sudah Lolos

Tercatat sudah ada sekitar 57 persen dari total 11 ribu atlet yang lolos ketika IOC memutuskan menunda pesta olahraga empat tahunan itu ke 2021.
Presiden IOC Thomas Bac/Antara.
Presiden IOC Thomas Bac/Antara.

Bisnis.com, JAKARTA - Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan panitia penyelenggara sepakat untuk menunda penyelenggaraan Olimpiade Tokyo 2020 ke tahun depan.

IOC dan penyelenggara pun bersepakat untuk mempertahankan Olimpiade 2020 Tokyo sebagai nama pesta olahraga 4 tahunan tersebut meski dihelat pada 2021.

Di samping itu, IOC menyatakan bahwa para atlet yang sudah lolos kualifikasi dipastikan tak akan kehilangan posisinya berlaga di Olimpiade.

Dilansir Antara, Jumat (27/3/2020), IOC bersama 32 federasi olahraga internasional telah melakukan telekonferensi pada Kamis (26/3/2020) dan memutuskan untuk menghargai proses kualifikasi yang telah berlangsung.

"Thomas Bach (Presiden IOC) pertama-tama menjelaskan soal alasan dari penundaan Olimpiade, lalu dia mengatakan bahwa atlet yang telah lolos akan otomatis berlaga pada 2021," kata salah satu peserta telekonferensi.

"Salah satu pembahasannya adalah mengetahui kapan dan bagaimana menyusun proses kualifikasinya," tambahnya.

Tercatat sudah ada sekitar 57 persen dari total 11 ribu atlet yang lolos ketika IOC memutuskan menunda pesta olahraga empat tahunan itu ke tahun depan.

Sementara itu, 43 persen kuota tersisa masih akan terus dibahas oleh IOC dan seluruh federasi olahraga internasional.

Olimpiade 2020 Tokyo yang sedianya digelar pada 24 Juli hingga 9 Agustus resmi ditunda penyelenggaraannya setahun ke depan demi keselamatan para atlet, ofisial, dan semua orang yang terlibat di dalamnya di tengah pandemi global virus corona yang melanda negara-negara di dunia.

Pandemi virus corona sebelumnya juga telah membuat banyak turnamen kualifikasi harus dibatalkan.

Kondisi tersebut memunculkan pertanyaan soal kelanjutan proses kualifikasi, apakah akan terus berlanjut atau dihentikan sementara.

Jika mengacu pada jadwal normal, proses kualifikasi berakhir pada April-Juni. Namun dengan ditundanya Olimpiade hingga 2021, proses kualifikasi masih belum mendapat kejelasan.

Pembicaraan soal nasib sistem kualifikasi baru diperkirakan akan membuahkan hasil setelah empat pekan ke depan ketika IOC sudah menentukan tanggal pasti penyelenggaraan Olimpiade.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper