Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Olimpiade Tokyo 2020 Bisa Ditunda ke Akhir Tahun

Kontrak Tokyo dengan Komite Olimpiade Internasional (OIC) memungkinkan Jepang untuk menunda perhelatan olahraga itu hingga akhir tahun.
Olimpiade 2020./www.dannychoo.com
Olimpiade 2020./www.dannychoo.com

Bisnis.com, JAKARTA - Perhelatan Olimpiade Tokyo 2020 berpotensi diundur hingga akhir tahun di tengah kekhawatiran penyebaran virus corona.

Pasalnya, kontrak Tokyo dengan Komite Olimpiade Internasional (OIC) memungkinkan Jepang untuk menunda perhelatan olahraga itu hingga akhir tahun. Poin tersebut bisa memaksa OIC membatalkan pesta olahraga empat tahunan tersebut.

"Kontrak itu menyebut agar Olimpiade diadakan pada 2020. Itu bisa ditafsirkan sebagai memungkinkan penundaan," kata Menteri Olimpiade Jepang Seiko Hashimoto saat menanggapi pertanyaan seorang anggota parlemen, Selasa (3/3/2020).

Di bawah perjanjian penyelenggaraan, hak untuk membatalkan Olimpiade adalah milik IOC. Thomas Bach, presiden IOC, pekan lalu mengatakan organisasinya 'sepenuhnya berkomitmen' untuk menyelenggarakan Olimpiade Tokyo sesuai jadwal meskipun ada penyebaran virus corona.

Hashimoto mengatakan pemerintah Jepang dan Tokyo masih berkomitmen untuk menjadi tuan rumah acara olahraga, yang dijadwalkan dimulai pada 24 Juli itu.

"Kami melakukan semua langkah yang kami bisa untuk memastikan bahwa Olimpiade berjalan sesuai rencana," katanya kepada parlemen.

Pembatalan pertandingan akan memakan biaya besar. Anggaran terakhir adalah 1,35 triliun yen (sekitar Rp178 triliun), dengan pemerintah Jepang menyediakan 120 miliar yen (sekitar Rp15,8 triliun) untuk membangun Stadion Olimpiade dan 30 miliar yen (sekitar Rp3,9 triliun) untuk biaya Paralimpiade 2020, kata Hashimoto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper