Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Palembang Triahtlon Buka Indonesia Triathlon Series 2020

Indonesia Triathlon Series adalah konsep menantang olahraga gabungan ini dengan salah satunya menggunakan sistem poin untuk para pesertanya.
Atlet peserta Palembang Triahtlon mengikuti tahapan renang di  Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Sabtu (22/2/2020)/ Bisnis - Dinda Wulandari
Atlet peserta Palembang Triahtlon mengikuti tahapan renang di Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Sabtu (22/2/2020)/ Bisnis - Dinda Wulandari

Bisnis.com, PALEMBANG - Ajang Palembang Triathlon menjadi pembuka Indonesia Triathlon Series (ITS) tahun 2020 yang diikuti atlet-atlet dari berbagai negara.

Pada hari pertama, Sabtu (22/2/2020) olahraga, yang memperlombakan cabang renang, balap sepeda dan lari ini, mempertandingkan kategori Elite untuk atlet nasional, Military untuk anggota TNI dan Polri, dan Youth untuk yang berusia 14 tahun hingga 16 tahun.

Peserta kategori Elite dan Military masing-masing akan berenang sejauh 1.500 m, bersepeda 40 kilometer dan berlari 10 kilometer. Sementara kategori Youth berenang sejauh 300 meter, bersepeda 10 kilometer, dan berlari 3 kilometer.

Untuk kategori Elite Putri diikuti Nethavani Octaria, peraih medali perunggu SEA Games Filipina 2019, Inge Prasetyo, Varra Dinda dan Ashita Aulia Azzahra.

Sementara pada hari kedua, Minggu (23/2), Palembang Triathlon mempertandingkan kategori Age Group, yakni kelompok umur: 17-23, 24-29, 30-34, 35-39, 40-44, 45-49, 50-54, 55-59 dan 60 tahun ke atas.

Peserta kategori Age Group ini terdiri dari jarak Sprint Distance, yang terdiri dari renang 750 meter, sepeda 20 kilometer, dan lari 5 kilometer atau Standard Distance, yang terdiri dari renang 1.500 meter, sepeda 40 kilometer, dan lari 10 kilometer. Kedua jarak ini bisa dilakukan secara individual atau bersama teman-teman (relay).

Sedikitnya 300 peserta dari berbagai kategori akan bertanding di Palembang Triathlon 2020.

Para peserta akan berenang di Danau Jakabaring, bersepeda melintasi Jembatan Ampera (khusus hari kedua), dan berlari mengitari Jakabaring.

Sementara itu, Panglima Kodam II Mayjend TNI Irwan mengatakan institusinya sangat mengapresiasi gelaran olahraga ini karena untuk kali pertama mempertandingkan kategori Military untuk kalangan TNI dan Polri.

“Kami sangat senang sekali, karena anggota kami mendapatkan kesempatan untuk unjuk kemampuan. Memang keseharian mereka dituntut bugar dengan stamina fisik yang prima, olahraga ini ada semua, mulai dari renang, sepeda dan lari,” kata Irwan, Sabtu (22/2/2020).

Kejuaraan ini juga diramaikan oleh sejumlah atlet nasional, seperti Jauhari Johan dan Nethavani Octaria, peraih medali emas dan perunggu di SEA Games 2019, Inge Prasetyo, Muhamad Ahlul Firman dan juga anggota DPR yang juga pegiat triathlon, Muhammad Farhan.

Selain Palembang, 5 triathlon ITS lainnya yang digelar tahun ini, yakni Jakarta City Triathlon (Juni), Bandung City Triathlon (Agustus), Belitung Triathlon (September), Mandalika Triathlon (Oktober) dan Pariaman Triathlon (November). ITS adalah konsep menantang olahraga gabungan ini dengan salah satunya menggunakan sistem poin untuk para pesertanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper