Miliarder Rusia Beli Manifesto Olimpiade 1892

Manifesto Olimpiade 1892 jadi memorabilia olah raga termahal setelah dibeli miliader asal Rusia. Kemudian, dia menyumbangkannya ke Museum Olimpiade.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 11 Februari 2020  |  05:07 WIB
Miliarder Rusia Beli Manifesto Olimpiade 1892
Cincin Olimpiade diangkat ke udara oleh crane, dikelilingi para aktor yang menari di sekitarnya, dalam upacara pembukaan Youth Olympic Games 2018 di Buenos Aires, Argentina, Sabtu (6/10). - IOC via Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Miliarder Rusia Alisher Usmanov menjadi pembeli manifesto Olimpiade 1892, karya memorabilia olah raga termahal yang pernah dijual di pelelangan dan menyumbangkannya ke Museum Olimpiade di Lausanne.

Pengusaha yang juga mengepalai federasi anggar internasional, telah membeli manifesto tersebut dengan nilai US$8,8 juta dalam lelang Sotheby di New York, Desember 2019.

Presiden IOC Thomas Bach mengatakan bahwa dokumen setebal 14 halaman yang ditulis oleh pendiri Komite Olimpiade Internasional Pierre de Coubertin akhirnya kembali ke 'rumahnya' di Prancis.

"Hari ini kita menyaksikan sejarah. Kita menyaksikan dokumen bersejarah ini, manuskrip pidato yang meletakkan dasar filosofis Gerakan Olimpiade kembali ke rumah Olimpiade," ujarnya seperti dikutip dari Reuters, Senin (10/2/2020).

Usmanov, yang juga memegang 30 persen saham di klub Liga Premier Arsenal hingga 2018 menilai bahwa naskah ini adalah manifesto untuk Olimpiade modern.

"Saya percaya bahwa Museum Olimpiade adalah tempat paling tepat untuk menyimpan naskah yang tak ternilai ini,”katanya.

Sebelumnya, jersey New York Yankees yang dikenakan Babe Ruth adalah item memorabilia olahraga paling mahal, dijual seharga US$5,64 juta pada tahun lalu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
olimpiade

Sumber : reuters

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top