Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gagal di Monas, Ini Bocoran Rute Formula E di Jakarta

Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka tidak mengizinkan sirkuit Formula E masuk ke kawasan Monumen Nasional (Monas).
Salah satu jenis mobil balap Formula E/Reuters
Salah satu jenis mobil balap Formula E/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama Organizing Committee Formula E Jakarta mengungkap kemungkinan ajang balap mobil listrik tersebut digelar di Jalan Sudirman-Thamrin.

Seperti diketahui, hal ini akibat Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka tidak mengizinkan sirkuit Formula E masuk ke kawasan Monumen Nasional (Monas) seperti rencana awal penyelenggaraan.

Sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkap bahwa tim pembuat sirkuit tengah memantau lokasi alternatif sirkuit. Didampingi Dinas Bina Marga, dan PT Jakarta Propertindo selalu pembangun sarana-prasarana.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho pun memberikan bocoran lokasi peninjauan oleh para perancang rute, "Sepanjang Jalan Sudirman dan Thamrin. Sedikit belok ke GBK [Gelora Bung Karno]," ungkapnya, Jumat (7/2/2020).

Menurut Hari, jalan protokol di DKI Jakarta dipilih karena aspal yang digunakan telah sesuai kriteria The Fédération Internationale de l'Automobile (FIA) selaku pemegang lisensi Formula E.

"Kriteria lintasan balap kita pakai Grade 3. Artinya jalan arteri atau protokol kita sudah memenuhi standar FIA untuk formula E. Kalau yang dipakai Formula One (F1) itu Grade A atau Grade 1," tambahnya.

Seperti diketahui, sirkuit E-Prix Jakarta ini tengah dirancang oleh Tilke Engineers & Architects yang merupakan ahli pembuatan sirkuit berbagai ajang balapan dunia.

Beberapa pilihan alternatif sirkuit dengan panjang sekitar 2,7 km sampai 3 km telah disiapkan untuk nantinya dipilih. Terpenting, sirkuit E-Prix harus mengakomodir sejumlah titik pengereman hard brake untuk mengisi daya baterai dengan memanfaatkan pengereman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper