Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Batal ke China Gara-Gara Virus Corona, Zohri Fokus Latihan Internal

Sprinter Indonesia Lalu Muhammad Zohri hanya akan fokus latihan internal sebagai persiapan Olimpiade 2020 Tokyo setelah Kejuaraan Asia Atletik Indoor yang sedianya digelar pada Februari di Hangzhou, China, dibatalkan karena wabah virus corona.
Lalu Muhammad Zohri/Bisnis-Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh
Lalu Muhammad Zohri/Bisnis-Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh

Bisnis.com, JAKARTA - Sprinter Indonesia Lalu Muhammad Zohri hanya akan fokus latihan internal sebagai persiapan Olimpiade 2020 Tokyo setelah Kejuaraan Asia Atletik Indoor yang sedianya digelar pada Februari di Hangzhou, China, dibatalkan karena wabah virus corona.

Akibat pembatalan itu, PB PASI kemungkinan hanya akan melakukan uji coba dan tes secara internal.

"Fokus ke latihan internal saja. Ini karena suasananya begini. Ke tempat yang lain belum pasti juga karena virus (corona) sudah menyebar ke mana-mana. Jadi kita tes internal saja," kata pelatih kepala lari jarak pendek Eni Nuraeni di Jakarta, Rabu (29/1/2020) seperti dilaporkan Antara.

Eni mengataka uji coba internal akan dilakukan dengan lawan-lawan Zohri yang memiliki kecepatan lari yang bagus, baik pelari pelatnas maupun pelari daerah.

"Saya bisa minta PB untuk menyediakan peralatan elektronik untuk ngetes dia dan lawan-lawan dari dearah yang bagus. Jadi di dalam negeri saja seleksinya," kata dia.

Kendati begitu, Eni tak menampik absennya laga uji coba ke luar negeri untuk Zohri akan mempersulit atletnya menemukan lawan tanding yang lebih cepat dari pada dia. Apalagi, belum ada rekannya yang mampu menandingi kecepatan lari pria asal Lombok itu.

Untuk menyiasatinya, Eni akan membiasakan Zohri berlari di belakang start blok rekan-rekannya saat tes nanti.

"Untuk tes kita usahakan. Misalnya lari 100 meter, tapi startnya di belakang dari pelari lain. Bisa jadi dia larinya 100 meter lebih dan harus bisa mengejar. Itulah strateginya karena mau bagaimana lagi,” kata Eni.

Kejuaraan Asia Atletik Indoor terpaksa dibatalkan dengan alasan keselematan dan kesehatan atlet dan peserta agar tak terjangkit wabah virus corona yang telah menyebar hampir seluruh penjuru China.

PB PASI kini sedang mencari kejuaraan lain untuk pemanasan bagi Zohri sebelum Olimpiade 2020 Tokyo Juli mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Sutarno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper