Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Barcelona, Madrid, Juventus Bayar Pemain Paling Mahal di Dunia Olahraga

Para pemain Barcelona dan Real Madrid serta juara liga Italia Juventus menjadi para pemain berbayaran paling mahal.
Bintang FC Barcelona Lionel Messi/Reuters-Albert Gea
Bintang FC Barcelona Lionel Messi/Reuters-Albert Gea

Bisnis.com, JAKARTA – Para pemain Barcelona dan Real Madrid serta juara liga Italia Juventus menjadi para pemain berbayaran paling mahal dalam dunia olahraga, demikian hasil sebuah survei yang diwartakan ESPN.

Edisi ke-10 penelitian Global Sports Salaries dari sportingintelligence.com menempatkan Barcelona pada puncak daftar dengan rata-rata gaji pokok pemain tim intinya 12,8 juta dolar AS.

Angka itu sebenarnya turun dibandingkan dengan tahun lalu ketika Barcelona juga memuncaki daftar dengan rata-rata penghasilan US$13,7 juta, terutama karena pengaruh penghasilan pokok Lionel Messi yang mencapai US$65 juta.

Real Madrid menduduki urutan kedua dengan rata-rata US$11,6 juta dan Juventus, yang menempati urutan kesembilan tahun lalu, melesat ke urutan ketiga dengan US$10,54 juta.

Klub-klub sepak bola lainnya yang berada pada daftar 20 klub top adalah Paris Saint-Germain pada urutan ke-12 dan Manchester City peringkat 13.

Angka yang dipakai dalam survei ini merupakan bayaran pokok per tahun belum termasuk bonus, bonus penampilan dan bayaran ekstra lainnya.

Tim-tim liga vasket Amerika Serikat NBA mengisi tujuh spot lainnya dalam 10 besar dan menempatkan 15 tim dalam daftar 20 teratas.

Pada 2017, tiga teratas adalah Oklahoma City Thunder, Cleveland Cavaliers, dan Golden State Warriors, sedangkan pada 2018 ketiga tim NBA memiliki rata-rata gaji pemain per tahun US$10 juta.

Tahun ini, Portland Trail Blazers menempati urutan keempat dengan hanya US$10,4 juta, Golden State menduduki urutan kelima dengan US$10,28 juta, dan Oklahoma City jatuh ke urutan keenam dengan US$9,8 juta.

Dari tim berperingkat 21 sampai 30 besar tahun ini, sembilan di antaranya adalah tim-tim NBA, yang hanya diselipi juara liga Jerman Bayern Muenchen di nomor 22.

Juventus berada pada urutan ke-32 pada 2017, tetapi melonjak ke urutan 10 tahun lalu setelah membeli Cristiano Ronaldo dan pemain-pemain mahal lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/ESPN
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper