Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lifter Muda Indonesia Berpotensi Berjaya di Sea Games Filipina

Atlet angkat besi andalan Indonesia Eko Yuli Irawan yakin para lifter muda yang dibawa ke Sea Games 2019 di Filipina mampu menyumbangkan medali bagi kontingen Merah Putih.
Lifter andalan Indonesia Eko Yuli Irawan/Antara-Saptono
Lifter andalan Indonesia Eko Yuli Irawan/Antara-Saptono

Bisnis.com, MANILA – Atlet angkat besi andalan Indonesia Eko Yuli Irawan yakin para lifter muda yang dibawa ke Sea Games 2019 di Filipina mampu menyumbangkan medali bagi kontingen Merah Putih.

"Mereka sudah terlatih dan tentunya ingin memberikan yang terbaik. Yang penting, mereka menikmati pertandingan," ujar Eko di Manila, Filipina, Kamis (28/11/2019).

Menurut peraih medali emas Asian Games 2018 itu, lifter belia seperti Rahmat Erwin Abdullah, 19 tahun, dan Windy Cantika Aisah, 17 tahun, sudah menunjukkan bahwa mereka mampu meningkatkan total angkatan di setiap turnamen internasional yang diikuti.

Rahmat merupakan pemegang rekor Asia junior di kelas 73 kilogram untuk angkatan snatch (147 kilogram), clean and jerk (179 kilogram) dan total angkatan (326 kilogram) yang diukirnya dalam Kejuaraan Asia Junior dan Remaja di Pyongyang, Korea Utara, Oktober 2019.

Sementara Windy memecahkan rekor dunia remaja di kelas 49 kilogram putri tiga kali sepanjang 2019. Pertama, dia mencatatkan rekor dunia remaja di Kejuaraan Asia, China, pada April 2019 dengan angkatan snatch 80 kilogram, clean and jerk 97 kilogram dan total angkatan 177 kilogram.

Lalu dia mempertajam torehan rekornya di Kejuaraan Dunia Remaja 2019 di Fiji, Juni 2019, dengan snatch 81 kilogram, 91 kilogram clean and jerk dan total angkatan 179 kilogram.

Terakhir, di Kejuaraan Dunia Junior dan Remaja 2019 di Korea Utara, Oktober 2019, Windy lagi-lagi menyempurnakan rekor dunianya dengan angkatan snatch 84 kilogram, clean and jerk 102 kilogram, dan total angkatan 186 kilogram.

Selain Rahmat dan Windi, ada empat pemain muda berusia di bawah 19 tahun yang diikutkan dalam SEA Games 2019 yakni Bernedicta Babela (17 tahun, turun di kelas 64 kilogram putri), Putri Aulia Andriani (17, kelas 59 kilogram putri), Tsabitha Ramadani (18, kelas 71 kilogram putri) dan Juliana Klarissa (17, kelas 55 kilogram putri).

"Untuk putri memang persaingannya agak berat karena ada Vietnam. Namun kita lihat saja nanti," tutur Eko.

Sementara itu, Manajer Pelatnas PB PABBSI (Persatuan Angkat Besi dan Angkat Berat Seluruh IUndonesia) Sonny Kasiran menegaskan bahwa semua lifter Indonesia siap tempur di Sea Games 2019 meski beberapa dari mereka baru akan menjalani debut di Pekan Olahraga Asia Tenggara itu.

Lifter muda, kata Sonny, mentalnya sudah terasa karena beberapa kali berkiprah di kejuaraan-kejuaraan internasional.

"Karena itulah kami berterima kasih kepada Kemenpora yang memberikan kesempatan kepada atlet-atlet belia berlaga di kejuaraan-kejuaraan internasional. Itu memperkuat mental mereka," tutur Sonny.

Pertandingan cabang olahraga angkat besi di Sea Games 2019 berlangsung pada 1 - 4 Desember 2019 di Kompleks Olahraga Rizal Memorial, Manila.

Total, tim angkat besi Indonesia diperkuat 10 atlet ke Sea Games 2019 dengan target menjadi juara umum di cabang olahraga tersebut.

Selain enam pemain berusia di bawah 19, Indonesia membawa empat lifter senior yakni Surahmat (55 kilogram putra), Eko Yuli Irawan (61 kilogram putra), Lisa Setiawati (45 kilogram putri) dan Deni (67 kilogram putra).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper