Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Premium

Historia Bisnis : Penolakan Cory Aquino, Kegemilangan Kontingen Indonesia di Manila

25 November 2019 | 17:24 WIB
"Marilah kita jadikan peristiwa Sea Games ini untuk mencapai kemajuan yang lebih baik. Perlihatkanlah kemampuan kalian sebagai atlet tangguh di kawasan ini. Jadikan event ini untuk menumbuhkan spirit Asean,"

Bisnis.com, JAKARTA — Pesta olahraga terbesar di kawasan Asia Tenggara akan dibuka pada 30 November 2019 di Filipina. Jika indikator sukses bagi kontingen Indonesia diukur dari perolehan medali dan sepak bola, Sea Games Manila pada 28 tahun lalu menjadi momen paling berharga.

Pada tahun ini, Sea Games ke-30 akan berlangsung hingga 11 Desember 2019. Untuk cabang olahraga tertentu seperti sepak bola, Indonesia akan memulai pertandingannya pada Selasa (26/11/2019) melawan Thailand. 

Saat menuju perhelatan Sea Games pada 28 tahun silam, tuan rumah Filipina dihadapkan pada situasi yang kurang menguntungkan karena kondisi dalam negeri yang kurang kondusif setelah adanya bencana nasional kala itu.

Harian Bisnis Indonesia memuat pemberitaan mengenai pesta pembukaan Sea Games di Manila yang diturunkan pada edisi 25 November 1991. Foto kontingen Indonesia saat defile kenegaraan, dimuat di halaman pertama pada saat itu.  

Presiden Filipina Corazon Aquino membuka Pesta Olahraga Asia Tenggara atau Sea Games XVI yang diwarnai dengan pelepasan burung merpati Rizal Memorial Stadium.

Bersamaan itu pula, sekitar 4.000 atlet dari sembilan negara Asia Tenggara yakni Indonesia, Brunei Darussalam, Malaysia, Thailand, Singapura, Vietnam, Laos, Myanmar, dan tuan rumah Filipina ikut bertepuk tangan menyambut ucapan Presiden Cory itu.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top