Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Pesta kembang api memenuhi Stadion Gelora Bung Karno dalam pembukaan Asian Games 2018, Sabtu (18/8/2018). - Reuters/Willy Kurniawan
Premium

Jadi Tuan Rumah Ajang Olahraga Internasional, Cari Untung atau Gengsi?

20 November 2019 | 08:30 WIB
Seakan mendapat dukungan dari suksesnya penyelenggaraan Asian Games 2018, Indonesia menatap sejumlah event olahraga internasional lainnya dengan tujuan menjadi tuan rumah. Benarkah menjadi tuan rumah selalu berdampak positif terhadap perekonomian negara?

Bisnis.com, JAKARTA – Sejak 2018 hingga 2021, Indonesia telah dan bakal menjadi tuan rumah sejumlah event olahraga internasional.

Tahun lalu, mata dunia tertuju ke Jakarta dan Palembang, yang didapuk menjadi tuan rumah perhelatan Asian Games 2018. Aksi sepeda motor Presiden Joko Widodo dan pelukannya dengan Prabowo Subianto men jadi dua di antara banyaknya momen ikonik pada ajang tersebut.

Pada tahun yang sama, turut digelar Asian Para Games 2018, yang mempertontonkan kebolehan atlet penyandang disabilitas dari seluruh Asia.

Selanjutnya, selama beberapa tahun ke depan, Indonesia didapuk menjadi tuan rumah Formula E di Jakarta pada 2020, MotoGP di Mandalika pada 2021, dan Piala Dunia U-20 pada 2021.

Sejumlah atlet balap sepeda berlatih di dalam track di Velodrome Rawamangun, Jakarta, Jumat (31/8/2018)./ANTARA FOTO/INASGOC-Jefri Tarigan

Sejumlah keuntungan dijanjikan oleh penyelenggara dan pemerintah dari dilaksanakannya kegiatan skala dunia tersebut di Indonesia. Hal-hal yang cukup sering disebut adalah membangun citra Indonesia di mata dunia.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top