Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Posisi Start dan Kejutan MotoGP Sepang pada Minggu 3 November

MotoGP Sepang Malaysia yang digelar Minggu 3 November bakal menyajikan kejutan-kejutan.
Pembalap MotoGP Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT)./Twitter
Pembalap MotoGP Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT)./Twitter

Bisnis.com, KUALA LUMPUR - MotoGP Sepang Malaysia yang digelar Minggu 3 November bakal menyajikan kejutan-kejutan, baik itu berasal dari persaingan ketat antarpebalap maupun faktor eksternal seperti teknologi maupun cuaca.

Prediksi itu setidaknya terlihat dari uji balap Jumat (1/11/2019) dan Sabtu (2/11/2019) maupun sesi kualifikasi yang digelar hari ini.

Kejutan di Jumat ditorehkan Fabio Quartararo, Petronas Yamaha SRT, yang memecahkan rekor tercepat satu menit 58,303 detik. Capaian itu mengalahkan torehan Jorge Lorenzo tatkala 2015 yang mengukir rekor 2 menit 00,606 detik.

Quartararo melalap sirkuit 5,5 km yang dilengkapi belokan ke kiri lima buah dan kanan 10 buah dengan kecepatan 168,6 km/jam. Adapun Lorenzo saat memecahkan rekor mencapai kecepatan 165,4 km/jam.

Masih di hari yang sama, Marc Marquez, Repsol Honda menggunakan tuas tambahan di stang bagian kiri, terletak di bawah kopling. Tuas itu berfungsi sebagai opsional rem belakang - yang diyakini membantu keseimbangan saat manuver di tikungan. Terobosan diprediksi bisa jadi diadopsi untuk jangka panjang.

Selain soal tuas tambahan, Marquez saat ini mengantongi poin terbanyak 375 poin, diikuti Divizioso 240 dan Alex Rins 183. Namun demikian, bila Marquez menuntaskan balapan di Sepang katakanlah finis di posisi tujuh saja maka rekor Lorenzo dengan poin 383 dalam satu musim bakal terlampaui.

Adapun pada Sabtu (2/11/2019) hari ini, suhu udara di Sepang turun. Bisnis Indonesia yang tergabung dengan rombongan MPM Motor yang tiba Kuala Lumpur menyaksikan mendung dan gerimis sepanjang perjalanan dari bandara.

Otoritas MotoGP mencatat suhu udara 26 derajat Celcius di sirkuit, kelembapan 87% dan suhu di lintasan 35 derajat Celcius. Padahal, Michelin pada Kamis (31/10/2019) mengantisipasi kenaikan suhu lintasan yang signifikan semasa balapan sekaligus kemungkinan adanya hujan.

Tantangan tropis sekaligus kejutan-kejutan di Sepang bukan itu saja. Marquez pada latihan Sabtu juga terjatuh di lintasan. Apakah itu akibat selip atau percobaan mengejar rekor baru, belum ada pernyataan resmi.

Namun demikian, yang pasti besok pembalap Moto GP bakal memulai pertunjukan adu cepat dengan posisi start sebagai berikut.

1 Fabio QUARTARARO, Petronas Yamaha SRT, Yamaha
2 Maverick VIÑALES, Monster Energy Yamaha MotoGP, Yamaha
3 Franco MORBIDELLI, Petronas Yamaha SRT, Yamaha
4 Jack MILLER, Pramac Racing, Ducati
5 Cal CRUTCHLOW, LCR Honda CASTROL, Honda
6 Valentino ROSSI, Monster Energy Yamaha MotoGP, Yamaha
7 Alex RINS, Team SUZUKI ECSTAR, Suzuki
8 Danilo PETRUCCI, Ducati Team, Ducati
9 Johann ZARCO, LCR Honda IDEMITSU, Honda
10 Andrea DOVIZIOSO, Ducati Team, Ducati
11 Marc MARQUEZ, Repsol Honda Team, Honda
12 Francesco BAGNAIA, Pramac Racing, Ducati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Ulum
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler