Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Statistik Keberhasilan Marc Marques, sang Juara Dunia MotoGP 6 Kali!

Marquez juga menjadi pebalap termuda sepanjang masa yang mengantongi delapan gelar juara dunia, mengambil mahkota Mike Hailwood.
Marc Mrquez Alenta uji coba di arena balap Qatar/Twitter @marcmarquez93
Marc Mrquez Alenta uji coba di arena balap Qatar/Twitter @marcmarquez93

Bisnis.com, JAKARTA — Marc Marquez menjuarai balapan motor Grand Prix Thailand di Sirkuit Internasional Chang, Buriram, Minggu, sekaligus mengunci gelar juara dunia MotoGP keenamnya.

Keberhasilan itu mengantarkan Marquez menjadi pebalap termuda yang meraih enam gelar juara dunia MotoGP pada usia 26 tahun dan 231 hari mengalahkan Giacomo Agostini yang meraih capaian yang sama dalam usia 29 tahun dan 25 hari ketika dia meraih gelar keenamnya di kelas premier di GP Jerman Timur pada 1971.

  • Marquez juga menjadi pebalap termuda sepanjang masa yang mengantongi delapan gelar juara dunia, mengambil mahkota Mike Hailwood, yang meraih rekor tersebut pada usia 27 tahun dan 112 hari ketika meraih gelar kedelapannya di seri 350cc, Brno, 1967, demikian laman resmi MotoGP.
  • Marquez bersama Valentino Rossi dan Giacomo Agostini adalah tiga pebalap yang telah meraih enam atau lebih gelar juara dunia kelas premier.
  • Marquez adalah satu dari enam pebalap yang meraih delapan atau lebih gelar juara dunia di semua kelas, pebalap lainnya adalah Carlo Ubbiali (9), Mike Hailwood (9), Valentino Rossi (9), Angel Nieto (13), dan Giacomo Agostini (15).
  • Marquez telah memenangi gelar MotoGP-nya mengendarai motor Honda dan menyingkirkan Mick Doohan (5) sebagai pebalap yang memenangi gelar juara dunia terbanyak dengan pabrikan Jepang.
  • Hanya ada satu pebalap Spanyol yang meraih gelar juara dunia melebihi Marquez, yaitu Angel Nieto yang mengemas 13 gelar juara dunia (7 di kelas 125cc dan 6 di kelas 50cc) antara 1969 dan 1984.
  • Kemenangan Marquez di Grand Prix Ceko merupakan gelar juara GP ke-76 selama kariernya, menyamai juara dunia sembilan kali Mike Hailwood.
  • Pada usia 26 tahun dan 168 hari, Marquez menjadi pebalap termuda kedua yang meraih kemenangan ke-76 setelah Valentino Rossi (26 tahun dan 165 hari).
  • Di GP Aragon, Marquez menjadi pebalap termuda yang menjalani Grand Prix ke-200 pada usia 26 tahun dan 217 hari.
  • Kemenangan Marquez di GP Ceko menjadi kemenangan ke-50 baginya sejak naik kasta ke kelas premier pada 2013, membuatnya menjadi pebalap keempat dengan kemenangan terbanyak setelah Valentino Rossi (89), Giacomo Agostini (68), dan Mick Doohan (54) saat itu.
  • Pada usia 26 tahun dan 168 hari, Marquez menjadi pebalap termuda kedua yang mampu meraih kemenangan ke-50 di kelas premier setelah Valentino Rossi yang mencapainya di usia 26 tahun dan 165 hari.
  • Sembilan pole position (memulai balapan di urutan pertama) yang dia raih musim ini memperokokoh posisi Marquez sebagai pebalap dengan pole position terbanyak sepanjang masa yaitu 89 di tiga kelas yang berbeda.
  • Musim ini, Marquez meraih paling banyak kemenangan (9) dibandingkan rival-rivalnya. Dia juga paling banyak naik podium (14) dan meraih pole position (9).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Zufrizal
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler