Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

F1 : Charles Leclerc Tercepat di Kualifikasi GP Singapura

Pembalap Ferrari Charles Leclerc melesat sebagai yang tercepat di babak kualifikasi GP Singapura pada Sabtu (21/9/2019) untuk meraih pole position kelimanya musim ini.
Charles Leclerc melesat di sesi kualifikasi GP Singapura pada Sabtu (21/9/2019),/Antara^AFP
Charles Leclerc melesat di sesi kualifikasi GP Singapura pada Sabtu (21/9/2019),/Antara^AFP

Bisnis.com, JAKARTA – Pembalap Ferrari Charles Leclerc melesat sebagai yang tercepat di babak kualifikasi GP Singapura pada Sabtu (21/9/2019) untuk meraih pole position kelimanya musim ini.

Setelah mengalami kendala girboks yang menghambatnya tampil cepat sesi latihan Jumat (20/9/2019), pembalap asal Monako itu memuncaki FP3 pada Sabtu dan mencatatkan waktu tercepat di kualifikasi, 1 menit 36,217 detik, demikian laman resmi Formula 1.

Dengan barge board dan nosecone baru, Ferrari berharap bisa meningkatkan downforce di sirkuit yang tak terlalu bersahabat dengan tim berlogo kuda jingkrak itu.

Namun upgrade yang mereka pasang terbukti bisa membawa Leclerc unggul 0,191 detik dari pembalap tim rival, Lewis Hamilton dari Mercedes yang akan start dari P2, untuk meraih pole position ketiga kalinya secara beruntun musim ini setelah Belgia dan Italia, di mana ia juara di kedua seri itu.

"Aku sangat senang. Itu adalah lap yang sangat bagus tapi ada beberapa momen ketika aku hampir kehilangan kendali. Aku harus berterima kasih kepada tim, mereka luar biasa. Kemarin bukan hariku tapi hari ini terasa hebat," kata Leclerc seusai kualifikasi.

Dengan lima hasil terbaik di kualifikasi tahun ini, Leclerc kini menjadi pebalap dengan pole position terbanyak musim ini di antara pebalap lainnya mengungguli duo Mercedes Hamilton dan Valtteri Bottas yang sama-sama meraih empat pole position.

Hamilton, yang mengincar kemenangan kelimanya di Singapura, pun heran dengan hasil kualifikasi hari itu mengingat trek jalan raya itu kurang bersahabat dengan karakter mobil Ferrari tahun ini.

"Aku tidak tahu bagaimana Ferrari meraih kecepatannya hari ini, ini bukan lah trek yang potensial untuk mereka, tapi Charles membuat lap yang sangat bagus. Aku kira besok kami bisa bisa tampil agresif dan semoga bisa memisahkan mereka," kata juara dunia lima kali itu.

Kemudian Sebastian Vettel hampir meraih pole position hari itu di Q3, namun ia membuat kesalahan di percobaan terakhirnya di saat rekan satu timnya mampu memperbaiki catatan waktunya.

Juara GP Singapura 2017 itu memiliki catatan waktu 0,220 detik lebih lambat dari Leclerc dan akan start dari P3 diikuti oleh Max Verstappen dari Red Bull di P4.

Sementara itu, Valtteri Bottas harus puas start di P5 di depan pembalap Red Bull lainnya, Alexander Albon.

Carlos Sainz mengunci P7 untuk McLaren, mengungguli duo Renault, Daniel Ricciardo dan Nico Hulkenberg di P8 dan P9.

Rekan satu tim Sainz, Lando Norris terpaut 2,112 detik dari pemuncak kualifikasi dan akan start dari P10. Sergio Perez finis peringkat 11 namun akan start dari P16 karena mendapat penalti setelah melakukan pergantian girboks.

Antonio Giovinazzi mengungguli rekan satu timnya di Alfa Romeo, Kimi Raikkonen untuk pertama kalinya dan finis P12.

Raikkonen sempat menabrak dinding pembatas di awal Q2 dan finis P14 di belakang Pierre Gasly dari Toro Rosso.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler