Empat Persamaan Ini Menyatukan Suporter Bola

Ada empat persamaan yang selalu dimiliki dan bisa menyatukan setiap suporter bola. Masing-masing adalah musik, pakaian, seni jalanan, dan koleksi.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 18 September 2019  |  04:31 WIB
Empat Persamaan Ini Menyatukan Suporter Bola
Suporter Persija Jakarta memberikan dukungan saat menghadapi Mitra Kukar dalam laga terakhir Liga 1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (9/12/2018). - Antara/Akbar Nugroho Gumay

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Sepakbola menjadi satu jenis tontonan yang dapat dinikmati semua lapisan masyarakat.

Ada empat persamaan yang selalu dimiliki dan bisa menyatukan setiap suporter bola. Masing-masing adalah musik, pakaian, seni jalanan, dan koleksi.

Dimas Yudhistira, Creatif Director Coconet mengungkapkan melalui Sound from the Football inilah, Coconet mencoba mengumpulkan persamaan yang dimiliki seluruh komunitas, lewat serangkaian acara.

Bertempat di Kuningan City Mall, Ballroom P6 dan P7 Kuningan, Jakarta Selatan, event “Sound from the Football,” tersebut akan diselenggarakan selama 2 hari yakni pada 20-21 September 2019, dari pukul 15.00 WIB – 24.00 WIB.

“Mulai dari pameran komunitas fans-base, galeri suporter seniman, bioskop mini, talkshow, dan gimmick penonton. Acara juga akan diwarnai dengan pembacaan sumpah pemuda, dan sebagai pusat kemeriahan, ditampilkan 20 band suporter dan musisi nasional,” jelasnya melalui keterangan resmi Selasa (17/9/2019).

20 band suporter yang akan tampil berasal Jakarta, Malang, Yogyakarta, Solo, dan Semarang. Selain itu dihadirkan empat band lokal yaitu SISITIPSI, NDXAKA, THE UPSTAIRS, dan OM PMR.

“Kami juag ingin menunjukkan kepada publik, bahwa suporter bisa membentuk band-band musik yang tidak kalah bagus dengan band-band lokal dan indie yang tersebar di Indonesia. Selain itu, nantinya suporter juga bisa menunjukkan karyanya lewat musik, fashion, art dan collection,” paparnnya.

Dia berharap, acara tersebut akan disinggahi 4.000 – 5.000 pengunjung setiap hari dari berbagai komunitas penggemar sepak bola.

Bens Leo, pengamat musik senior memandang unik konsep acara “Sound from the Football,” yang mengolaborasikan kecintaan fans sepak bola dengan pertunjukan musik. Menurutnya, sinergi antara sepak bola dengan dunia musik sebenarnya tidak asing karena sepanjang yang ia ketahui, sangat banyak musisi yang memiliki spirit untuk membantu perkembangan sepak bola di tanah air.

Bens memberikan contoh lagu “Garuda di Dadaku” yang dilahirkan oleh Band Netral beberapa tahun silam. Tak ketinggalan lagu bertajuk “Bola Bola Bola” yang diluncurkan di Kantor Kemenpora menjelang perhelatan Piala Dunia tahun lalu.

“Ini fenomena yang menarik karena musik dan olah raga bisa menjadi spirit yang mendekatkan berbagai perbedaan. Lebih menarik lagi kalau Coconet berhasil melibatkan para suporter bola untuk bermain musik, dan berkarya melalui lagu-lagu sepak bola yang menyatukan dan juga interaktif,” ujarnya apresiatif.

Penampilan band-band suporter tersebut akan dirangkai dengan talkshow yang membahas perkembangan suporter dari tahun ke tahun, sekaligus akan menonjolkan kreatifitas suporter dari dalam maupun luar lapangan.

Sebagai pembicara, talkshow akan diisi oleh perwakilan ketua suporter, yaitu Ferry Indrasjarief (Ketua The Jakmania), dan Ilham Jaya Kusuma (legenda suporterTimnas Indonesia), serta Suroya mewakili suporter personal. Dari kalangan musisi ikut berbicara Ryan D’Massiv (Musisi), dan Dao (vokalis Gondal Gandul).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
sepakbola

Editor : Akhirul Anwar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top