F1 GP Italia : Charles Leclerc Amankan Pole Position

Pembalap Ferrari Charles Leclerc mengamankan pole position untuk Grand Prix Italia, setelah menjadi yang tercepat di sesi kualifikasi pada Sabtu (7/9/2019) malam WIB.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 08 September 2019  |  00:11 WIB
F1 GP Italia : Charles Leclerc Amankan Pole Position
Pembalap Ferrari Charles Leclerc. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Pembalap Ferrari Charles Leclerc mengamankan pole position untuk Grand Prix Italia, setelah menjadi yang tercepat di sesi kualifikasi pada Sabtu (7/9/2019) malam WIB.

Juara dunia lima kali Lewis Hamilton menghuni posisi start kedua untuk Mercedes, sedangkan rekan setimnya Valtteri Bottas berada di urutan ketiga, dan pembalap Ferrari di urutan keempat, demikian dilansir laman resmi Formula One.

Pada sesi terakhir kualifikasi, semua pembalap kecuali Leclerc dan Carlos Sainz, gagal mencatatkan waktu setelah mereka saling menunggu untuk dapat memanfaatkan slipstream di Monza.

Situasi antiklimaks tersebut membawa Leclerc memastikan posisi start terdepan pada lap pertamanya, unggul 0,039 detik atas pembalap Mercedes Lewis Hamilton.

Ini pole position kedua bagi Leclerc dalam 7 hari. Pembalap berusia 21 tahun itu bahkan tidak menyelesaikan lap terakhir setelah ia menjadi satu-satunya pembalap posisi depan (front runner) yang melewati garis pada akhir sesi.

"Saya senang dengan pole (position) ini, namun pada akhirnya terjadi kekacauan. Saya berharap pada lap terakhir namun pada akhirnya, ini sudah cukup untuk pole (position)," kata Leclerc seperti dikutip BBC.

Situasi konyol pada akhir kualifikasi dipicu oleh fakta slipstream di Monza dapat bernilai 0,3 detik untuk satu lap. Suatu kelebihan yang sangat penting ketika catatan waktu begitu dekat di sirkuit yang hanya memiliki enam tikungan efektif.

Hamilton mengatakan bahwa Mercedes terkejar, karena mereka menunggu Ferrari untuk melaju terlebih dahulu.

"Kami harus bertarung dengan Ferrari besok. Kami senang dapat memisahkan mereka, dan ini merupakan posisi yang bagus," kata Hamilton.

Seluruh tim telah diperingatkan bahwa para pembalap mereka dapat dijatuhi hukuman karena sengaja mengemudi dengan lambat, dan pada akhir kualifikasi Fédération Internationale de l'Automobile (FIA) telah melakukan investigasi.

Hasil kualifikasi GP Italia

  1. Charles Leclerc (Ferrari) 1:19,307
  2. Lewis Hamilton (Mercedes) 1:19,346
  3. Valtteri Bottas (Mercedes) 1:19,354
  4. Sebastian Vettel (Ferrari) 1:19,457
  5. Daniel Ricciardo (Renault) 1:19,839
  6. Niko Hulkenberg (Renault) 1:20,049
  7. Carlos Sainz (McLaren) 1:20,909
  8. Alexander Albon (Red Bull Racing)
  9. Kimi Raikkonen (Alfa Romeo)
  10. Lance Stroll (Racing Point).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
f1, ferrari

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis
Top