Tour de Indonesia 2019: Marcus Culey Juara Etape3 Batu-Jember. Ini Videonya

Balap sepeda Tour de Indonesia hari ini Rabu (21/8/2019) menggelar balapan Etape 3 dengan menempuh jarak 195,9 kilometer.
Sutarno Sutarno | 21 Agustus 2019 16:05 WIB
Tour de Indonesia 2019: Marcus Culey Juara Etape3 Batu-Jember. Ini Videonya
Peserta Tour de Indonesia 2019 melintas di garis sprint point III di depan Kantor Dinas Bupati Sragen

Bisnis.com, JAKARTA - Balap sepeda Tour de Indonesia hari ini Rabu (21/8/2019) menggelar balapan Etape 3 dengan menempuh jarak 195,9 kilometer.

Etape 3 tersebut menempuh rute Batu-Jember, yang startnya dimulai dari Kota Batu (wilayah Malang) sekitar pukul 10.00 WIB. Simak live streamingnya dari akun Facebook Tour d'Indonesia di atas.

Tour de Indonesia menempuh jarak 825,2 kilometer dari Candi Borobudur (Magelang) ke Geopark Batur Bali.

Balap sepeda Tour d'Indonesia diikuti oleh 18 tim dari 26 negara.

Adapun jarak tempuh 825,2 kilometer tersebut dibagi ke dalam 5 etape sebagai berikut:

- Etape 1: Candi Borobudur-Ngawi 178km
- Etape 2: Madiun-Batu 157,7km
- Etape 3: Batu-Jember 195,9km
- Etape 4: Jember-Banyuwangi 150km
- Etape 5: Gilimanuk-Batur UNESCO Global Geopark 143,6km

16:04 WIB

Juara Etape 3: Marcus Culey

Marcus Culey dari Team Sapura Cycling dari Malaysia menjadi juara Etape 3 Batu-Jember. Marcus Culey tampil sebagai pebalap pertama yang menyentuh garis finish.

Jaraknya juara ke-2 Rohan Du Plooy dari Tim ProTouch cukup jauha karena lebih dari 30 detik. Ada pun juara ketiga direbut Yudai Arashiro dari Kinan Cycling Team.

11:00 WIB

Medan Etape 3 Berat

Para pebalap harus menempuh jarak 195,9 km yang merupakan etape terpanjang pada hari ketiga lomba balap sepeda Tour d'Indonesia 2019, Rabu.

Etape terpanjang itu dimulai di Kota Batu Malang menuju Kabupaten Pasuruan, Kotamadya Probolinggo, Kabupaten Lumajang, hingga finis di alun-alun Kota Jember.

Meskipun jarak yang harus ditempuh mencapai hampir 200 km, waktu tempuh para pebalap diperkirakan tidak akan lebih lama dibanding etape kedua mengingat medan pada etape ketiga sama sekali tidak ada tanjakan yang berarti.

Rute yang diawali medan menurun dari Kota Batu menuju Pasuruan hanya memiliki tantangab di beberapa kelokan, terutama kelokan tajam di turunan curam usai melewati kawasan Jatimpark 3. Teknik downhill para pebalap akan diuji di medan ini.

Seusai menuruni perbukitan Kota Batu, para pebalap menempuh medan mendatar, hingga menemukan sedikit tanjakan di kilometer 100 hingga kilometer 120. Namun tanjakan tersebut tidak terjal sehingga tidak dijadikan arena penilaian untuk menentukan poin bagi pemakai jersey biru sebagai raja tanjakan.

Kemahiran sprint akan menjadi tantangan pada etape ketiga ini dan ada tiga stage yang dijadikan penilaian intermediate sprint.

Stage pertama ada di kilometer 30 menjelang masuk pintu gerbang Kabupaten Pasuruan. Stage kedua ada di kilometer 100 di dekat Kantor walikota Probolinggo. Adapun stage intermediate sprint ketiga ada di kilometer 140 sebelum kantor DPRD Lumajang.

Dengan mendan mendatar tersebut, para pebalap bertipe sprinter diperkirakan kembali lebih berpeluang memenangi etape ketiga seperti yang terjadi lada etape pertama.

(Sumber berita: Antara)

10:55 WIB

Juara Etape 2: Jaroen Meijer

Etepe kedua rute Madiun-Batu dimenangi Jaroen Meijers dari Tim Taiyuan Miogee Cycling. Pebalap berkebangsaan Belanda itu menang adu sprint dari Cristian Raileanu (Team Sapura Cycling) dan Thomas Lebas (Kinan Cycling Team). Ketiga pebalap ini mencatat waktu sama 3:51:12.

Sementara itu, Aiman Cahyadi  menjadi yang tercepat di antara para pebalap sepeda Indonesia pada etape kedua Tour d'Indonesia 2019, Selasa, meskipun sempat mengalami bocor ban.

Aiman yang tampil untuk PGN Road Cycling Team menyelesaikan rute Madiun-Batu dengan catatan waktu 3:53:49, dikuti pebalap KFC Cycling Team, Selamet Juangga dan Muhamad Abdurahman, yang masing-masing tiba di finis dengan selisih waktu 0,11 dan 0,36 detik di belakang Aiman.

Kerja keras Aiman dan tim PGN juga membawa Aiman masuk 10 besar kategori umum yang dimenangi pebalap Taiyuan Miogee Cycling Team, Jaroen Meijers. 

(Sumber Berita: Antara)

10:54 WIB

Juara Etape 1: Angus Lyons

Pebalap sepeda Angus Lyons dari tim Oliver's Real Food (Australia) menjadi juara pada etape pertama Tour d'Indonesia yang finis di alun-alun Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, Senin.

Pada etape pertama yang mengambil start dari area Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Lyons mencatat waktu 3 jam, 55 menit, 48 detik usai memenangi sprint dengan Roth Ryan X-Speed United (Hong Kong) dan Vogt Mario dari Team Sapura Cycling (Malaysia).

Ketiga pebalap mencapai finis nyaris bersamaan sehingga mencatat waktu sama.

Sementara itu, Muhamad Abdurahman dari KFC Cycling Team (Indonesia), yang menempati posisi ketujuh di kategori umum, menjadi pebalap Indonesia pertama yang menyentuh garis finis.

Abdurahman mencatat waktu 3 jam, 57 menit, 54 detik 2,06 detik. Pebalap Indobesia kedua tercepat adalah Aiman Cahyadi dari PGN Road Cycling Team (Indonesia) 3.58.48, dab tempat ketiga Slamet Juangga (KFC) 3.58.48.

Abdurahman juga menjadi pebalap terbaik kedua untuk kategori Asia, di belakang Goh Choon Hwat yang mencatat waktu 3 jam, 56,01 detik. Tempat ketiga diduduki Yamamoto dari Kinan Cycling Team (Jepang) dengan catatan waktu 3 jam 57,57 detik.

(Sumber Berita: Antara)

Tag : balap sepeda
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top