Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Olimpiade Tokyo 2020 Akan Diramaikan dengan Robot-robot Futuristik Terbaru

Olimpiade Tokyo 2020 Akan Diramaikan dengan Robot-robot Futuristik Terbaru
Newswire
Newswire - Bisnis.com 24 Juli 2019  |  16:18 WIB
Tokyo bersiap menyambut Olimpiade & Paralympic Games 2020 - Reuters/Yuya Shino
Tokyo bersiap menyambut Olimpiade & Paralympic Games 2020 - Reuters/Yuya Shino

Bisnis.com, JAKARTA - Robot-robot futuristik tipe baru yang canggih akan diperkenalkan untuk melayani para atlet dan penonton pada Olimpiade Tokyo 2020.

Dikutip dari laman resmi Olimpiade Tokyo 2020, Rabu, robot-robot baru akan dikerahkan ke berbagai venue, sehingga para delegasi akan mendapat pengalaman teknologi tinggi yang berkesan saat pesta olahraga sejagat yang paling inovatif dalam sejarah itu.

Sedikitnya ada empat robot futuristik yang bakal diperkenalkan. Di antaranya Miraitowa dan Someity, robot tipe maskot Olimpiade 2020 ini akan menyambut para atlet dan delegasi peserta Olimpiade dengan lambaian, jabatan tangan, serta menyapa setiap orang di setiap venue.

Robot yang dikembangkan oleh Tokyo Motor Corporation itu juga dilengkapi dengan kemampuan mengekspresikan wajahnya dengan berbagai variasi air muka, serta kamera sensor untuk mengenali dan bereaksi terhadap orang didekatnya.

Pihak Toyota dan panitia Olimpiade Tokyo 2020 akan mendiskusikan untuk menyempurnakan robot maskot ini agar lebih ramah dan menyenangkan bagi anak-anak.

Kemudian juga ada robot tipe T-HR Humanoid dan T-TR1 yang bertugas untuk membantu orang-orang yang secara fisik tidak dapat datang ke venue-venue pertandingan saat Olimpiade.

Robot-robot itu akan mentransmisikan suara dan gambar dari lokasi pertandingan ke robot rekannya yang berada di lokasi lain.

Selain itu juga ada Field Support Robot (FSR) akan akan membantu para atlet khususnya cabang atletik nomor lempar.

Robot FSR itu dengan navigasi otomatis akan mengumpulkan benda-benda seperti lembing atau martil yang dilempar atlet. Dengan demikian robot tersebut akan membantu menghemat waktu dalam pengumpulan benda-benda peralatan olahraga, serta mengurangi jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan.

Untuk pengoperasian robot FSR ini, panitia Olimpiade Tokyo 2020 dan Toyota akan bekerja sama dengan Federasi Atletik Internasional (IAAF).


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Olimpiade 2020

Sumber : Antara

Editor : Andhika Anggoro Wening
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top