Jakarta Bakal Untung Bila Jadi Tuan Rumah Formula E

DKI Jakarta digadang-gadang akan menjadi tuan rumah gelaran Formula E 2020.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 16 Juli 2019  |  16:50 WIB
Jakarta Bakal Untung Bila Jadi Tuan Rumah Formula E
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melihat mobil Formula E - Instagram

Bisnis.com, JAKARTA - DKI Jakarta digadang-gadang akan menjadi tuan rumah gelaran Formula E 2020. Bila terealisasi manfaat ekonomi yang dapat dinikmati Ibu Kota mencapai Rp1,2 triliun.

Formula E adalah balap mobil kursi tunggal yang menggunakan energi listrik di sirkuit jalan raya. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkannya melalui akun instagram @aniesbaswedan pada Minggu (14/7/2019).

"Jakarta akan menjadi salah satu tuan rumah balap mobil bergengsi Formula E di tahun 2020. Selepas World Cities Summit di Medellin, langsung terbang ke New York untuk tuntaskan negosiasi dengan lembaga pengelola Formula E," tulis Anies dalam unggahannya tersebut.

Dalam unggahannya itu, dia juga menerangkan bahwa proses persiapan sudah dilakukan sejak tiga bulan lalu. Pengecekan dan uji lapangan pun sudah dilakukan oleh tim Formula E di Jakarta pada 8-9 Juli 2019.

Adapun menurut Anies pada unggahan selanjutnya pada Senin (15/7/2019), dari kajian awal atas rencana ini, E-Prix Jakarta berpotensi menghadirkan manfaat ekonomi di Ibu Kota senilai 78 juta euro atau sekitar Rp1,2 triliun.

Diperkirakan 35.000 penonton baik internasional dan domestik akan menghasilkan transaksi ekonomi sekitar 1,6 juta euro selama E-Prix berlangsung, baik di industri konsumsi, transportasi, maupun akomodasi.

Secara tidak langsung akan berdampak di sektor pariwisata kita juga ikut terangkat. Total nilai liputan media tentang Jakarta setara dengan 15 juta euro.

Pengamat otomotif Yannes Martinus Pasaribu menilai kepastian Jakarta menjadi tuan rumah balap mobil bergengsi Formula E di pertengahan tahun 2020 sebagai hal yang membanggakan.

"Keren. Sinergi banget. Isu mobil listrik kan sedang menggebu-gebu," katanya seperti dikutip dari Antara pada Senin (15/7/2019).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
anies baswedan, Formula E Championship

Sumber : Antara

Editor : Galih Kurniawan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top