Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rahasia Alfian Fajri, Atlet Panjat Tebing yang Raih Juara Dunia

Prestasi di ajang internasional kembali diraih atlet Tanah Air. Kali ini, kabar membanggakan datang dari Chamonix, Prancis.
Alfian M. Fajri/istimewa
Alfian M. Fajri/istimewa
Bisnis.com, JAKARTA - Prestasi di ajang internasional kembali diraih atlet Tanah Air. Kali ini, kabar membanggakan datang dari Chamonix, Prancis. 
Atlet pelatnas panjat tebing Alfian M. Fajri kembali meraih juara dunia dari nomor speed world record. Medali emas diraih oleh Alfian dari IFSC Worldcup Chamonix, Prancis, pada Jumat (12/7/2019).
 
Alfian berhasil menjadi yang tercepat setelah mengalahkan atlet asal China, Zhong Qixin. Atlet asal Solo, Jawa Tengah, ini menorehkan catatan waktu 5,764 detik, sedangkan Zhong Qixin 6,382 detik.
 
Dilansir dari situs Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) pada Sabtu (13/7/2019), Alfian mengaku, kunci kemenangannya adalah ketenangan. Saat mampu menguasai diri dan fokus, pria kelahiran Sukoharjo, 18 Januari 1997 tersebut berhasil menjadi yang terbaik.
 
“Saya merasa semakin tenang dalam menghadapi tekanan,” ujar Alfian. 
 
Sebelumnya, Alfian juga pernah meraih juara dunia di IFSC Worldcup Chongqing, China, pada April 2019. Ketika itu, Alfian menorehkan catatan waktu 5,970 detik.
 
Adapun untuk medali perunggu diraih oleh Vladislav Deulin dengan catatan waktu 6,057 detik. Deulin unggul dari lawannya asal Ukraina, Danyil Boldyrev. 
 
“Di era speed, ini pertama kalinya kita juara dunia di Eropa,” ujar Manager Timnas Panjat Tebing Pristiawan Buntoro.
 
Selain Alfian, Aspar Jaelolo juga lolos ke putaran final. Hanya saja dia gagal melaju ke perempat final.
 
Sementara itu di nomor speed putri, Aries Susanti Rahayu dan Nurul Iqamah juga berhasil lolos ke putaran final. Aries gagal di perebutan perunggu, sedangkan Nurul gagal di melaju ke perempat final.
 
 
 
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Agne Yasa
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper