Letjen TNI (Purn) Marciano Norman Pimpin KONI

Musornas KONI XIII menetapkan Letjen TNI (Purn) Marciano Norman sebagai Ketua Umum organisasi tersebut periode 2019 - 2023 setelah terpilih secara aklamasi.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 02 Juli 2019  |  21:59 WIB
Letjen TNI (Purn) Marciano Norman Pimpin KONI
Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman (kanan depan) menerima surat keputusan dari pimpinan sidang Djamhuron P. Wibowo (kiri depan) dalam Musyawarah Olahraga Nasional KONI XIII 2019 di Jakarta, Selasa (2/7/2019). - Antara/Aprillio Akbar

Bisnis.com, JAKARTA – Musyawarah Olahraga Nasional (Musornas) Komite Olahraga Nasional Indonesia XIII menetapkan Letnan Jenderal TNI (Purn) Marciano Norman sebagai Ketua Umum KONI periode 2019 - 2023 setelah terpilih secara aklamasi.

Marciano maju dalam bursa setelah dinyatakan lolos dari persyaratan yang ada dalam Keputusan Rapat Anggota KONI Tahun 2019 dan sesuai dengan Pasal 32 ayat 5 huruf (g) Anggaran Dasar KONI serta Keputusan Ketua umum KONI Pusat Nomor 4B dan menjadi calon tunggal.

Marciano sudah memiliki banyak pengalaman di dunia olahraga, ia pernah diberikan kepercayaan untuk menjadi Ketua Umum Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PB TI) selama dua periode serta Ketua Inkai Kalimantan Barat dan Pembina Persatuan Olahraga Berkuda Indonesia (Pordasi).

Mantan Kepala Badan Intelijen Nasional (BIN) itu mengajukan diri sebagai Ketua Umum KONI karena ia menganggap bahwa olahraga merupakan salah satu cara untuk menjaga kehormatan bangsa. Menurutnya, melalui olahraga masyarakat Indonesia bisa bersatu tanpa memandang adanya perbedaan ras, suku, serta agama.

“Bicara olahraga berarti berbicara merah putih,” kata Marciano usai ditetapkan sebagai Ketua Umum KONI di Jakarta pada Selasa (2/7/2019).

Seusai yang tlah ditetapkan, dia mengutarakan keinginannya agar bertemu dengan para atlet Indonesia untuk mendengarkan kritik, saran, serta pendapat mereka sebagai bentuk kontribusi memajukan KONI menjadi lebih baik.

“Jangan jadikan atlet takut menyampaikan pendapat karena jika kritik mereka bagus maka bisa membantu kita untuk membangun olahraga untuk kedepannya,” ujarnya.

Marciano juga mengatakan niatannya untuk membuat olahraga sebagai salah satu media pembangunan karakter para generasi muda dengan menjadikan para atlet berprestasi sebagai inspirasi.

“Menempatkan Indonesia bisa sejajar dengan dunia agar kita melihat atlet-atlet kita berdiri di tempat paling tinggi. Kita jadikan atlet tersebut sebagai inspirasi anak-anak Indonesia,” ujarnya.

“Kuncinya adalah kebersamaan kita, marilah kita bersatu memajukan olahraga Indonesia menuju dunia,” tambahnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
koni

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top