Dua Arena Olimpiade 2020 Gunakan Teknologi Tahan Gempa dari Bridgestone

Bridgestone Corporation mendukung gelaran Olimpiade dan Paralimpade Tokyo 2020 dengan bantalan isolasi seismik mutakhir untuk dua arena permanen yang baru dibangun.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 19 Juni 2019  |  13:34 WIB
Dua Arena Olimpiade 2020 Gunakan Teknologi Tahan Gempa dari Bridgestone
Tokyo Aquatics Centre. - Bridgestone Corp.

Bisnis.com, JAKARTA – Bridgestone Corporation mendukung gelaran Olimpiade dan Paralimpade Tokyo 2020 dengan bantalan isolasi seismik mutakhir untuk dua arena permanen yang baru dibangun.

“Teknologi Bridgestone ini turut memastikan arena Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020 siap menghadapi gempa,” demikian pernyataan resmi Bridgestone Corporation melalui siaran pers yang diterima Bisnis pada Rabu (19/6/2019).

Bridgestone merupakan satu-satunya mitra Olimpiade dan Paralimpiade Global yang berkantor pusat di Tokyo, Jepang. Bridgestone adalah perusahaan ban dan karet skala dunia dan beroperasi dengan misi "Melayani Masyarakat dengan Kualitas Tertinggi."

                                                                 Ariake Arena di Tokyo, Jepang

Perusahaan ini menjadi mitra Olimpiade Global pada 2014 dan Mitra Paralimpik Global pada 2018. Bridgestone memiliki hak global untuk Gerakan Olimpiade dan Gerakan Paralimpik hingga 2024, periode yang mencakup Olimpiade dan Paralimpik Tokyo 2020, Beijing 2022, dan Paris 2024.

Bridgestone yang ddirikan di Jepang 90 tahun lalu bangga menyediakan teknologi perlindungan gempa yang canggih pada Tokyo Aquatics Center, venue untuk kompetisi renang, menyelam, dan renang artistik, serta Ariake Arena, venue bola voli dan basket kursi roda dipertandingkan pada Tokyo 2020.

Bantalan isolasi seismik adalah penyangga struktural yang fleksibel yang mengisolasi struktur dari tanah untuk membantu mengurangi penyebaran guncangan seismik dan mengurangi kemungkinan kerusakan pada saat terjadi gempa bumi.

Rentang ukuran bantalan ini berdiameter di antara 600 mm dan 1.800 mm. Dua tempat baru, yang akan seluruhnya selesai pada 2019, juga memiliki struktur atap dengan isolasi seismik.

Memasang bantalan di bawah atap alih-alih di bawah fondasi tempat membantu menurunkan beban yang diletakkan pada elemen-elemen pendukung struktural atap. Jenis instalasi ini sering digunakan di fasilitas berbentuk hall atau dome dengan ruang terbuka yang luas seperti arena olahraga.

“Bridgestone berada di garis depan teknologi isolasi seismik selama beberapa dekade,” ujar Tomohiro Kusano, Wakil Presiden dan Pejabat Senior, yang bertanggung jawab untuk Bisnis Solusi Produk Diversifikasi Bridgestone Corporation.

“Saat kami bersiap untuk menyambut seluruh dunia ke Olimpiade dan Paralimpik di kampung halaman kami. Oleh sebab itu, kami menjajaki semua peluang di mana produk dan solusi inovatif dari kami dapat meningkatkan dan mendukung cara atlet, pengunjung, dan tamu di Tokyo untuk bergerak, hidup, bekerja, dan bermain,” lanjutnya.

Dia menambahkan bantalan isolasi seismik itu akan membantu untuk memastikan para pengunjung mendapatkan pengalaman yang aman dan menyenangkan bagi semua pengunjung ke dua tempat yang sangat dinanti ini selama Tokyo 2020 dan selama bertahun-tahun mendatang.

Bridgestone mengembangkan dan membuat teknologi isolasi seismik sejak 1984. Saat ini bantalan isolasi seismik milik Bridgestone digunakan di berbagai fasilitas di Jepang dan di seluruh dunia, termasuk landmark seperti Stasiun Tokyo dan Balai Kota Los Angeles di AS, serta berbagai fasilitas kesiapsiagaan bencana, gedung pemerintah, rumah sakit, fasilitas komersial, serta kompleks apartemen dan tempat tinggal.

Setelah Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020, bantalan isolasi seismik Bridgestone yang dipasang di Tokyo Aquatics Center dan Ariake Arena akan terus berkontribusi pada keselamatan kedua tempat tersebut karena setelahnya akan digunakan untuk acara domestik dan internasional, serta berfungsi sebagai tempat rekreasi umum dan pusat budaya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bridgestone, Olimpiade 2020

Editor : M. Syahran W. Lubis
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top