Kalah Dari Raptors, Warriors Harapkan Kehadiran Durrant

Selagi Raptors bersiap menamatkan seri ini dengan kemenangan di depan pendukungnya, Warriors masih berharap dapat segera memainkan Kevin Durant yang cedera sejak 8 Mei.
Ilman A. Sudarwan
Ilman A. Sudarwan - Bisnis.com 08 Juni 2019  |  13:30 WIB
Kalah Dari Raptors, Warriors Harapkan Kehadiran Durrant
Kevin Durant, forward Golden State Warriors. - Reuters

Bisnis.com, MANADO—Toronto Raptors semakin dekat untuk merengkuh gelar juara NBA setelah menumbangkan Golden State Warriors 105-92 di Oracle Arena, kandang sang juara bertahan. Tim asal Kanada itu sementara memimpin 3-1.

Meski berakhir manis bagi Raptors, performa mereka tidak begitu baik pada awal pertandingan pada Sabtu (8/6/2019) pagi ini atau Jumat (7/6/2019) malam waktu setempat. Hingga paruh pertama pertandingan usai, Raptors tertinggal 11 poin dari Warriors.

Namun demikian, Kawhi Leonard menjadi bintang dengan mencetak 36 poin dan 12 rebound. Penampilan ciamiknya itu menutupi semangat Warriors yang mendapatkan amunisi tambahan dengan kembalinya Klay Thompson pada pertandingan keempat dari 7 Games Series ini.

Dikutip dari Bloomberg, Klay Thompson berhasil membawa semangat baru bagi Warriors dengan menyumbangkan 28 poin, 18 di antaranya dihasilkan dari tembakan 3 poin. Stephen Curry juga menyumbangkan 27 poin untuk Warrior.

Namun rasio tembakan masuknya pada pertandingan tadi tidak begitu apik. Dia hanya berhasil mencetak angka melalui 9 tembakannya dari 22 percobaannya pada pertandingan ini. Sebagai spesialis three point, dia juga hanya mencetak 2 tembakan dari 9 percobaan.

Ironi bagi Warriors, kekalahan ini bisa menjadi laga penutup bagi Warriors dari 47 musim mereka di Oracle Arena. Tahun depan, tim yang dihuni 5 pemain All-Star ini akan berpindah markas ke Cahse Center di San Fransisco.

Selain Leonard, Serge Ibaka juga menjadi penentu kemenangan bagi Raptors. Dia mencetak 20 poin dengan efisiensi tembakan 9 per 12 tembakan selama 22 menit di lapangan. Dia masuk sebagai pemain dari bangku cadangan, bukan starting five.

Meski tampil di kandang lawan, semangat para pendukung Raptors terus menggema sepanjang pertandingan. Acap kali, sahutan “O Canada!” dari para pendukung tim tamu mengalahkan gegap gempita pendukung Warriors yang menghela napas saat timnya tertinggal.

Sebagai debutan di babak Final NBA, Raptors berpeluang besar meraih kemenangan di hadapan pendukungnya sendiri. Pertandingan ke-5 pada seri ini akan digelar pada Senin (10/7/2019) malam waktu setempat, di Scotiabank Arena, Toronto.

Tak hanya spesial bagi Raptors, seri ini juga menjadi hal penting bagi Leonard. Pada 2017, dia berhadapan dengan Warriors di final wilayah barat kala berseragam San Antonio Spurs. Namun, dia hanya bermain pada gim pertama setelah dicederai Zaza Pachulia.

Seakan membalas dendam atas memori kelam itu, dia menjadi bintang pada pertandingan kali ini. Dua tembakan jumper-nya pada 42 detik terakhir kuarter 3, berhasil memberi tekanan lebih besar untuk Warriors. Kuarter terakhir dimulai dengan skor 79—64 untuk Raptors.

Di luar Ibaka dan Leonard, Fred VanVleet juga layak mendapatkan pujian dalam pertandingan itu. Dia mendapatkan luka pada kuarter terakhir setelah menerima sikut guard Warriors Shaun Livingston. VanVleet menerima pengobatan di ruang loker setelah insiden itu.

Selagi Raptors bersiap menamatkan seri ini dengan kemenangan di depan pendukungnya, Warriors masih berharap dapat segera memainkan Kevin Durant yang cedera sejak 8 Mei. Namun, Pelatih Warriors Steve Kerr belum yakin mengenai kondisi Durant.

“Tentu kami mengharapkan dia bisa bermain pada pertandingan kelima atau keenam [jika menang di pertandingan kelima], dan semuanya masih belum jelas untuk saat ini saya memutuskan untuk tidak bicara soal itu,” katanya, dikutip dari Bloomberg, Sabtu (8/6/2019).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
basket nba, nba

Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top