Baru 32 Tahun, Lucie Safarova Pensiun dari Tenis

Mantan petenis peringkat lima dunia dan ganda putri nomor satu Lucie Safarova menyatakan pensiun dari karier tenisnya.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 30 Mei 2019  |  18:58 WIB
Baru 32 Tahun, Lucie Safarova Pensiun dari Tenis
Lucie Safarova - Reuters/Vincent Kessler

Bisnis.com, JAKARTA – Mantan petenis peringkat lima dunia dan ganda putri nomor satu Lucie Safarova menyatakan pensiun dari karier tenisnya menyusul kekalahan pada putaran pertama ganda putri di Roland Garros di Prancis Terbuka di Paris, berpasangan dengan Dominika Cibulkova.

Bintang tenis asal Republik Cheska, Safarova, 32 tahun, dan Cibulkova (Slowakia) kalah 4-6 0-6 di tangan Sofia Kenin (Amerika Serikat)/Andrea Petkovic (Jerman).

Safarova yang menjadi runner-up tunggal putri kalah dari Serena Williams di final pada 2015 dan juara ganda putri pada 2015 dan 2017, dua dari lima mahkota Grand Slam gandanya bersama Bethanie Mattek-Sands, mendapat tepuk tangan meriah di Lapangan 4 Roland Garros setelah bertanding 1 jam 5 menit.

Ditanya apakah ada kemungkinan memperpanjang karier bermainnya, seperti dikutip laman WTA Tour, Safarova mengatakan dia 99 persen yakin akan memasuki masa pensiun dan dia yakin akan "kembali, entah bagaimana di tenis karena saya benar-benar menikmati olahraga ini".

Namun, ia mengatakan yang pertama akan dilakukan adalah "liburan panjang!"

Roland Garros adalah tempat di mana dia memiliki banyak kenangan manis, dari sekian banyak kenangannya. "Saya pasti akan mengingat final di sini di Paris melawan Serena," ujarnya.

Dia juga mengaku menikmati masa-masa meraih gelar Grand Slam bersama Bethanie Mattek-Sands, menjuarai Piala Fed di hadapan pendukungnya, serta meraih medali Olimpiade.

"Tapi juga ada pertandingan yang mungkin tidak terlalu besar, tetapi membalikkannya dari kekalahan dan memainkan pertandingan panjang. Saya ingat saya bermain melawan Maria Sharapova di Stuttgart, yang saya kalah setelah 3 jam dan 20 menit, dan itu sangat menyakitkan, dan masih banyak lagi.," tambahnya mengenai momen-momen kenangan di tenis.

"Saya suka melihat kembali semua ini. Saya menghargai bahkan mereka yang mengalahkan saya karena saya belajar dari mereka dan kemudian saya bisa menjadi lebih baik dan mencapai apa yang saya inginkan, impian saya."

Bagaimana pun, dengan usia 32 tahun, sebenarnya dapat dikatakan Safarova masih dapat meneruskan karier, mengingat cukup banyak petenis bermain hingga usia mendekati 40 tahun, putra ataupun putri.

Menyebut di putri, kakak beradik Venus dan Serena Willians dapat dijadikan contoh terdekat. Venus kini berusia 38, sedangkan Serena hanya setahun lebih muda.

Begitu pula dengan Maria Sharapova, petenis Rusia itu pun berusia 32 tahun, sebagaimana Safarova.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
tenis, prancis terbuka

Sumber : Antara & berbagai sumber

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top