8 Besar Tenis Italia : Federer vs Tsitsipas, Djokovic vs Del Potro

Perempat final Italia Terbuka di Roma akan diwarnai dengan pertarungan sejumlah petenis papan atas dunia seperti Roger Federer yang akan menghadapi Stefanos Tsitsipas.
Newswire | 17 Mei 2019 15:13 WIB
Petenis Swiss Roger Federer - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Perempat final Italia Terbuka di Roma akan diwarnai dengan pertarungan sejumlah petenis papan atas dunia seperti Roger Federer yang akan menghadapi salah satu #NextGenATP asal Yunani Stefanos Tsitsipas.

Unggulan pertama Novak Djokovic akan bertemu Juan Martin del Potro, tidak ketinggalan Rafael Nadal yang akan melawan Fernando Verdasco dan Kei Nishikori melawan Diego Schwartzman sebagai bagian dari blockbuster di jadwal pertandingan Jumat (17/5/2019).

Unggulan ketiga Federer dan unggulan kedelapan Tsitsipas akan berhadapan untuk ketiga kalinya tahun ini, bahkan catatan mereka di FedEx ATP Head2Head rival adalah 1-1 yang menandakan betapa sengitnya persaingan keduanya.

Tsitsipas sempat mengalahkan Federer di Australia Terbuka, sedangkan Federer mengalahkan Tsitsipas di Dubai Duty Free Tennis Championships.

"Dia dianggap sebagai legenda tenis dan dia sangat dihormati. Saya cukup yakin ini akan menjadi dua kali lebih sulit dari pada hari ini. Dengan semangat juang dan kekuatan mental, kupikir bisa untuk melakukan sesuatu," tutur Tsitsipas melansir atptour.com Jumat.

Djokovic si nomor satu dunia memimpin catatan pertandingan HeadEx Head2Head FedEx dengan Del Potro dengan 15-4.

Dia memenangi lima pertandingan terakhir mereka dan ketiga pertemuan mereka sebelumnya berada di lapangan tanah liat.

Sejauh ini, petenis Serbia itu bermain ganas di Roma, dengan hanya kalah tujuh gim dalam dua putaran pertamanya dan akan melanjutkan polanya untuk melawan para petenis terbaik di dunia.

Djokovic sudah mencatatkan kemenangan 18-1 dalam melawan pemain Top 10 sejak Wimbledon 2018, sehingga jelas ia bukan lawan yang mudah untuk dilalui Del Potro.

Del Potro baru bangkit dan mulai bermain pekan ini dengan hasil dua kemenangan pertamanya sejak Februari, meski sebelumnya sempat beristirahat akibat cedera tempurung lutut kanan pada Oktober lalu di Rolex Shanghai Masters.

Kepercayaan diri tidak hanya milik Djokovic, tetapi juga Nadal yang menunjukkan dia siap untuk menyandang mahkota kesembilan di Roma dengan hanya kalah dua gim dalam dua kemenangannya pada Kamis malam.

Petenis unggulan kedua ini memimpin FedEx ATP Head2Head dengan Verdasco 16-3, meski keduanya telah membagi enam pertandingan terakhir mereka.

Namun, Nadal hanya menghabiskan waktu kurang dari setengah dari pada yang dihabiskan Verdasco untuk mencapai perempat final yaitu 2 jam 9 menit vs 4 jam 58 menit.

Namun seperti biasa, Nadal akan mendekati pertandingan dengan keyakinan bahwa ia harus mengeluarkan permainan terbaiknya.

"Dia selalu tangguh dan hebat. Basilashvili pemain yang sangat berbahaya bagi semua orang saat dia bermain bagus. Dia memiliki karier tenis yang hebat," tutur Nadal menilai Verdasco yang rekan senegaranya.

Terakhir adalah Nishikori dan Schwartzman yang akan terlibat di pertarungan perempat final.

Bintang Jepang Nishikori memimpin FedEx ATP Head2Head 3-0 mereka, tetapi Schwartzman selalu menang satu set di semua pertandingan mereka.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
tenis

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup