Hasil Tenis Madrid : Hajar Nadal, Tsitsipas ke Final vs Djokovic

Stefanos Tsitsipas membuat kejutan besar dengan menundukkan Rafael Nadal di semifinal untuk melaju ke final single putra tenis Mutua Madrid Terbuka di Spanyol.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 12 Mei 2019  |  10:29 WIB
Hasil Tenis Madrid : Hajar Nadal, Tsitsipas ke Final vs Djokovic
Petenis Stefanos Tsitsipas setelah menundukkan Rafael Nadal di semifinal Madrid Terbuka. - Reuters/Susana Vera

Bisnis.com, JAKARTA – Petenis Yunani Stefanos Tsitsipas membuat kejutan besar dengan menundukkan unggulan kedua dan favorit tuan rumah Rafael Nadal di semifinal untuk melaju ke final single putra tenis Mutua Madrid Terbuka di Spanyol.

Dalam pertandingan semifinal selama 2 jam 34 menit pada Minggu (12/5/2019) pagi WIB, Tsitsipas, yang baru berusia 20 tahun dan dalam turnamen ini merupakan unggulan kedelapan, mengatasi Nadal dalam pertarungan tiga set yang berakhir dengan skor 6-4 2-6 6-3.

Di final yang digelar mulai Minggu tengah malam WIB nanti di lapangan Manolo Santana, Tsitsipas akan diuji oleh unggulan pertama Novak Djokovic (Serbia) yang di semifinal menang susah payah atas unggulan kelima Dominic Thiem (Austria) 7-6(2) 7-6(4) lewat pertarungan 2 jam 22 menit.

Bagi Nadal, kekalahan ini membuatnya untuk ketiga kali kandas di senifinal lapangan tanah liat pada musim ini. Sebelumnya dia tersingkir di fase empat di Monte Cartlo Masters di Monako dari petenis Italia Fabio Fognini dan dari semifinal Barcelona Terbuka di Spanyol oleh Dominic Thiem.

Tsitsipas mengaku kemenangan ini seperti menggenggam dunia. “Ini luar biasa. Saya harus menunjukkan disiplin mental dan tangguh dalam momen-momen penting, itu kuncinya. Saya harus mengambil semua peluang karena Rafa seorang pejuang, dia tidak memberimu banyak poin," ujarnya.

Petenis kelahiran Athena, Yunani, 12 Agustus 1998 itu menaklukkan Djokovic di Rogers Cup di Toronto, Kanada, dan kini dia kembali mengincar kemenangan atas lawannya yang 11 tahun lebih tua tersebut. “Saya harus menyiapkan mental untuk meladeni Djokovic,” kata Tsitsipas.

Novak Djokovic adalah juara single putra Madrid Terbuka edisi 2011 dan 2016. Di final edisi 2011 dia menghentikan perlawanan Nadal, sedangkan di final 2016 menundukkan Andy Murray (Skotlandia).

Adapun Nadal merupakan juara terbanyak di turnamen ini. Petenis kelahiran Mallorca, Spanyol, 32 tahun lalu itu menjuarainya pada edisi 2005, 2010, 2013, 2014, dan 2017.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
tenis madrid terbuka

Sumber : Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top