Peringkat BWF : Ahsan/Hendra & Fajar/Rian Semakin Dekati Kevin/Marcus 

Di antara tiga jagoan Indonesia itu, terselip ganda putra Li Junhui/Liu Yuchen asal China dan Takeshi Kamura/Keigo Sonoda asal Jepang masing-masing di peringkat kedua dan ketiga.
Samdysara Saragih
Samdysara Saragih - Bisnis.com 23 April 2019  |  23:45 WIB
Peringkat BWF : Ahsan/Hendra & Fajar/Rian Semakin Dekati Kevin/Marcus 
Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Hendra Setiawan (kiri) dan Mohammad Ahsan meluapkan kegembiraan seusai memenangi pertandingan melawan ganda putra Malaysia Aaron Chia dan Soh Wooi Yik pada babak final All England 2019 di Arena Brimingham, Inggris, Minggu (8/3/2019). - ANTARA/Widya Amelia

Bisnis.com, JAKARTA -- Indonesia menempatkan tiga wakil dalam daftar lima ganda putra bulu tangkis top dunia.

Mereka adalah pasangan Kevin Sanjaya/Marcus Fernaldi Gideon di peringkat pertama, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di peringkat keempat, dan Fajar Alfian/Rian Ardianto di peringkat kelima.

Di antara tiga jagoan Indonesia itu, terselip ganda putra Li Junhui/Liu Yuchen asal China dan Takeshi Kamura/Keigo Sonoda asal Jepang masing-masing di peringkat kedua dan ketiga.

Lima ganda tersebut nangkring di Top 5 berdasarkan pengumuman BWF World Rankings pekan ke-17, Selasa (23/4/2019). Posisi mereka stagnan dari minggu sebelumnya karena pekan lalu tidak ada turnamen yang diikuti.

BWF World Rankings pekan ke-17 nomor ganda putra/bwfbadminton.com

Tambahan dua ganda putra Indonesia dalam daftar lima besar merupakan buah dari keberhasilan mereka selama hampir empat bulan ini. Sebagai pembanding, pada akhir 2018 Fajar/Rian berada di peringkat ketujuh, sedangkan Ahsan/Hendra di peringkat kesembilan.

Ahsan/Hendra menggebrak dengan memboyong gelar juara All England pada 10 Maret dan runner up Singapore Open pada 14 April. Pasangan gaek tersebut menerobos jajaran elite sampai akhirnya bertengger di peringkat keempat.

Sementara itu, Fajar/Rian yang posisinya disalip Ahsan/Hendra pada pekan ke-4 segera memperbaiki performa. Pelan-pelan, peraih medali perak Asian Games 2018 tersebut merangsek dari posisi 10 besar sampai masuk Top 5 setelah menjuarai Swiss Open 2019 dan menembus semifinal Malaysia Open 2019.

Keberadaan Ahsan/Hendra dan Fajar/Rian di posisi lima besar membuat kesempatan berjumpa dengan ganda putra terbaik dunia Kevin/Marcus akan terjadi minimal di babak perempat final. Dengan demikian, peluang wakil Indonesia meramaikan semifinal dan final turnamen-turnamen bulu tangkis semakin besar.

Tiga ganda andalan Indonesia tersebut berkesempatan menambah poin pemeringkatan di Badminton Asia Championships 2019 yang digelar pada pekan ini. Meski berlabel turnamen kontinental, lawan-lawan berat sudah menunggu mengingat sembilan dari 10 ganda putra terbaik dunia berasal dari Asia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bulutangkis, muhammad ahsan/hendra setiawan, marcus/kevin

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top