Incar Tuan Rumah MotoGP 2021 dan Olimpiade 2032, Seskab Pramono Anung: Bangun Image Bangsa Besar

Indonesia berupaya membidik penyelenggaraan MotoGP 2021 dan Olimpiade 2032 untuk membangun citra negara sebagai bangsa yang besar dan berkarakter pemenang.
Stefanus Arief Setiaji
Stefanus Arief Setiaji - Bisnis.com 26 Februari 2019  |  14:05 WIB
Incar Tuan Rumah MotoGP 2021 dan Olimpiade 2032, Seskab Pramono Anung: Bangun Image Bangsa Besar
Sekretaris Kabinet Pramono Anung. - Bisnis/M. Ridwan

Bisnis.com, JAKARTA — Pemerintah cukup serius menyiapkan kawasan Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) sebagai arena perhelatan MotoGP 2021.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan bahwa pemerintah berupaya agar Mandalika menjadi memiliki sirkuit yang cukup baik seperti di Singapura maupun di Monaco.

“Presiden memprioritaskan Mandalika menjadi tempat sport wisata. Selain nanti ada MotoGP, tentunya juga ada sport yang berkaitan dengan laut, pantai, dan lain sebagainya,” ujarnya dikutip dari keterangan resminya, Selasa (26/2/2019).

Terkait dengan kesiapan masyarakat Lombok, Seskab menegaskan, bahwa mereka sekarang cukup terbuka. Apalagi Lombok sudah menjadi daerah tujuan wisata lebih dari 15 tahun perkembangannya, bahkan puncaknya pada 2015 yang lalu wisata di Lombok sangat tinggi.

“Kalau ada MotoGP di Mandalika, saya yakin akan menjadi daya tarik tersendiri, dan saya yakin masyarakat siap untuk itu,” ucap Seskab meyakini.

Pramono menuturkan Indonesia getol menjadi tuan rumah berbagai event dunia, termasuk mengajukan diri sebagai tuan rumah Olimpiade 2032 dan MotoGP 2021 sebagai upaya membangun image bangsa pemenang.

Belajar dari pengalaman Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games dan Asian Para Games 2018 yang memeroleh apresiasi, Indonesia terus berupaya menempatkan diri sejajar dengan bangsa-bangsa lainnya.

Artinya, lanjut Seskab, kalau kita bisa menyelenggarakan MotoGP dan Olimpiade, ini menunjukan bahwa Indonesia bukan lagi sebagai negara berkembang ke bawah tetapi sudah menengah ke atas, karena memang Indonesia diprediksi akan menjadi sebuah kekuatan ekonomi baru.

“Untuk itu apa yang dilakukan pemerintah dengan MotoGP dan mengikuti bidding untuk menjadi tuan rumah Olimpiade memang ini visinya visi ke depan untuk menjadi bangsa besar, untuk menjadi bangsa pemenang.”

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
MotoGP, pramono anung, olimpiade

Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top