Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MotoGP 2021 di Lombok Diharap Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi

Wakil Bupati Lombok Tengah H Lalu Pathul Bahri berharap penunjukan Sirkuit Mandalika sebagai tuan rumah MotoGP 2021 dapat meningkatkan ekonomi masyarakat di Pulau Lombok, khususnya Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.
Pebalap bertarung di ajang MotoGP/Twitter@MotoGP
Pebalap bertarung di ajang MotoGP/Twitter@MotoGP

Bisnis.com, JAKARTA  - Wakil Bupati Lombok Tengah H Lalu Pathul Bahri berharap penunjukan Sirkuit Mandalika sebagai tuan rumah MotoGP 2021 dapat meningkatkan ekonomi masyarakat di Pulau Lombok, khususnya Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

"Buat kami yang paling penting ini multiplier effect" - nya. Makin banyak orang datang makin banyak yang menginap dan berbelanja. Kalau sudah begitu pergerakan ekonomi Lombok Tengah menjadi baik dan meningkat," ujarnya di Praya, Minggu (24/2/2019).

Pathul Bahri mengatakan sebagai tuan rumah tentu pemerintah daerah dan seluruh masyarakat Kabupaten Lombok Tengah sangat gembira karena, apabila sirkuit Mandalika selesai di bangun, akan memberikan dampak yang luar biasa baik, untuk daerah maupun masyarakat, terutama sekali dalam peningkatan pembangunan, ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

"Bayangkan, hotel-hotel akan terbangun, pusat-pusat kerajinan dan oleh-oleh juga tumbuh, belum yang lain-lain. Seiring wisatawan yang datang. Semua itu muaranya untuk peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat," terang Pathul Bahri.

Dalam beberapa tahun terakhir pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata selalu meningkat. Dari sebelumnya, PAD Lombok Tengah hanya Rp35 milyar dalam 2-3 tahun. Saat ini sudah meningkat menjadi Rp200 milyar.

"Makanya kami bersyukur dari sektor pariwisata yang tadinya kecil sekarang sudah besar. Bahkan APBD kita yang tadinya hanya Rp900 milyar sekarang menjadi Rp2,3 triliun. Ini suatu kesyukuran," jelas mantan Anggota DPRD NTB itu.

Pathul berharap sebagai destinasi wisata Pulau Lombok semakin dikenal apalagi sejak kabar Sirkuit Mandalika ditetapkan menjadi tuan rumah MotoGP 2021.

"Mudah-mudahan ini cepat selesai dan sesuai tepat waktu. Apalagi sirkuit ini di bangun investor Prancis yang sudah berpengalaman, sehingga pada 2021, MotoGP bisa kami gelar," katanya.

Rencananya, sirkuit Mandalika akan dibangun pada Oktober 2019. Sirkuit Mandalika akan memiliki panjang 4,32 km. Sirkuit tersebut memiliki satu lintasan lurus, yang sepertinya akan menjadi garis start dan finis. Sirkuit akan terdiri 18 tikungan.

Sarana penunjang area paddock akan memiliki 40 garasi untuk kegiatan operasional tim balap.

Kapasitas grand stand mencapai 93.200 tempat duduk. Itu belum termasuk 138.700 area tanpa tempat duduk dan hospitality suites, yang mampu menampung 7.700 penonton. (KR-NIA).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler