Muliaman Hadad Antar Surat ke IOC, Indonesia Resmi Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Indonesia resmi mengajukan diri sebagai calon tuan rumah Olimpiade 2032. Surat resmi pengajuan diri diserahkan oleh Duta Besar Indonesia untuk Swiss, Muliaman D. Hadad pada 11 Februari 2019.
Stefanus Arief Setiaji
Stefanus Arief Setiaji - Bisnis.com 19 Februari 2019  |  15:41 WIB
Muliaman Hadad Antar Surat ke IOC, Indonesia Resmi Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032
Cincin Olimpiade diangkat ke udara oleh crane, dikelilingi para aktor yang menari di sekitarnya, dalam upacara pembukaan Youth Olympic Games 2018 di Buenos Aires, Argentina, Sabtu (6/10). - IOC via Reuters

Bisnis.com, JAKARTA — Indonesia resmi mengajukan diri sebagai calon tuan rumah Olimpiade 2032. Surat resmi pengajuan diri diserahkan oleh Duta Besar Indonesia untuk Swiss, Muliaman D. Hadad pada 11 Februari 2019.

Muliaman Hadad menyerahkan surat Presiden Joko Widodo yang ditujukan kepada Presiden International Olympic Commitee (IOC), Thomas Bach. Surat dari Presiden diterima oleh Cristophe Dubi selaku Executive Director IOC.

Menurut Muliaman, perwakilan IOC memberi respons atas keinginan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade. Hal itu memang pernah disampaikan Presiden Jokowi kepada Thomas Bach saat perhelatan Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang.

“IOC sudah mengakui kapabilitas Indonesia pada saat penyelenggaraan Asia Games dan Asian Paragames 2018 yang berjalan sukses. Kami rasa itu menjadi pondasi yang cukup kuat,” kata Dubi dikutip dari Antara, Selasa (19/2/2019).

Sementara itu, Muliaman menuturkan bahwa keinginan Indonesia menjadi tuan rumah pesta olahraga paling akbar sedunia itu, sebagai bagian dari upaya menunjukkan kemampaun ekonomi Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar ke-4 di dunia.

“Ini momen untuk menunjukkan kapabilitas Indonesias sebagai negara besar,” katanya.

Proses pemilihan tuan rumah Olimpiade 2032 selambat-lambatnya akan digelar pada 2024. Adapun negara yang bertindak sebagai tuan rumah Olimpiade 2020 adalah Jepang dengan kota penyelenggara Tokyo, lalu Perancis pada 2024 di Paris, dan AS di Los Angeles pada 2028.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jokowi, muliaman d hadad, olimpiade

Sumber : Antara

Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top