Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Liliyana Natsir Gantung Raket, Ini Rencana Pribadinya

Pebulu tangkis ganda campuran Liliyana Natsir sudah memantapkan diri pensiun sebagai atlet.
Liliyana Natsir./Istimewa
Liliyana Natsir./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Pebulu tangkis ganda campuran Liliyana Natsir sudah memantapkan diri pensiun sebagai atlet. Gadis yang akrab dipanggil dengan sapaan Butet ini mengatakan kepada wartawan di Jakarta, Senin 21 Januari 2019, turnamen Daihatsu Indonesia Masters 2019 akan menjadi laga terakhirnya.

Ia mengatakan sudah mempunyai rencana usai menggantung raketnya yakni fokus mengembangkan usahanya yang sudah dimulai sejak tiga tahun lalu. "Saya mau fokus ke bisnis properti, pijat refleksi, dan money changer," kata dia saat jumpa pers di Indonesia Masters di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (21/1/2019).

Butet menuturkan sudah membayangkan kegiatan apa saja yang bakal dilakoni begitu pensiun. Sebagai seorang atlet yang harus disiplin dalam segala hal, ia mengaku ingin melakukan kegiatan yang sulit dilakukan saat menjadi atlet. "Nanti mungkin bangun tidur bisa siangan. Makan bisa yang pedes-pedes," ucapnya.

Ihwal peluang menjadi pelatih bulu tangkis, Butet menyatakan, masih pikir-pikir. Menurut dia, tidak mudah bagi atlet yang sudah pensiun untuk menjadi seorang pelatih. Sebab, ia menilai, atlet dan pelatih mempunyai peran yang amat berbeda. "Atlet itu mikir diri sendiri. Sementara pelatih banyak yang harus dilakukan," kata dia.

Di sisi lain, Butet menyatakan, tidak ada jaminan atlet berprestasi bisa menjadi pelatih yang sukses. "Saya belum tahu, siap atau tidak (jadi pelatih)," ucap atlet peraih medali emas di Olimpiade Brasil itu.

Di Indonesia Masters, Liliyana kembali berpasangan dengan Tontowi Ahmad. Keduanya masuk dalam unggulan keempat di turnamen yang digelar 22-27 Januari 2019 di Istora Senayan, Jakarta. Pada laga pertama, mereka menghadapi lawan asal India, Pranaav Jerry/Reddy Sikki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Tempo.co
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper