Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SUPERLIGA JUNIOR 2018: 13 Klub Bulutangkis Perebutkan Empat Piala

SUPERLIGA JUNIOR 2018: 13 Klub Bulutangkis Perebutkan Empat Piala
SUPERLIGA JUNIOR 2018: 13 Klub Bulutangkis Perebutkan Empat Piala
SUPERLIGA JUNIOR 2018: 13 Klub Bulutangkis Perebutkan Empat Piala

Bisnis.com, JAKARTA – Kejuaraan bulutangkis beregu Blibli.com Superliga Junior 2018 segera digelar di GOR Djarum, Magelang, Jawa Tengah, pada 16hingga 21 Oktober mendatang. Sebanyak 13 klub bulutangkis nasional dan internasional siap bersaing memperebutkan empat piala bergengsi dari dua kategori usia.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Blibli.com Superliga Junior 2018 menggunakan format beregu Thomas Uber di dua kategori usia yakni U17 dan U19. Sistem ini akan mempertandingkan lima partai yang terdiri dari tiga tunggal dan dua ganda. Pada kategori U19, piala yang diperebutkan adalah Piala Liem Swie King untuk U19 Putra dan Piala Susy Susanti untuk U19 Putri.

Sementara itu, perubahan namapiala terjadi di kategori U17. Bila pada tahun sebelumnya piala yang diperebutkan ialah Piala Superliga Junior, tahun ini peyelenggara mengabadikan nama Hariyanto Arbisebagai piala untuk U17 Putra danYuni Kartika untuk U17 Putri.

Pemilihan dua nama legenda bulutangkis tersebut, tak lepas dari dedikasi Hariyanto Arbi dan Yuni Kartika dalam mengharumkan nama bangsa melalui prestasi bulutangkisdi level dunia. Di masa mudanya, Yuni Kartika berhasil menjadi Juara Dunia Junior Piala Bimantara 1991 hingga di level senior ia bermain cemerlang dan membawa Indonesia menjadi juara Piala Uber pada tahun 1994. Sementara Hariyanto Arbi, setelah meraih gelar Juara Dunia Junior Piala Bimantara 1989, di era keemasannya juga turut membawa Indonesia menjuarai Piala Thomas pada tahun 1994, 1996, 1998 dan 2000.

Direktur Superliga Achmad Budiharto mengatakan, diselenggarakannya turnamen Blibli.com Superliga 2018 akan menjadi ajang untuk mengasah kemampuan para pebulutangkis muda sebelum masuk ke level senior. “Superliga Junior dapat dijadikan ajang uji coba bagi para atlet untuk bertanding secara beregu. Diharapkan nantinya para atlet sudah terbiasa bertanding secara beregu yang membutuhkan mental yang kuat, kekompakan,kerjasama dan soliditas.” ujar Achmad Budiharto dalam jumpa pers yang digelar di Ayana Ballroom, Mid Plaza Hotel, Jakarta, Senin (1/10).

Tak hanya diikuti oleh klub-klub nasional, Blibli.com Superliga Junior 2018 juga melibatkan para pebulutangkis muda dari kawasan Asia. Di kategori U19, klub-klub yang akan menurunkan atlet-atlet muda terbaiknya ialah PB Djarum, Mutiara Cardinal, Exist Badminton Club, Jaya Raya, FIFA Sidoarjo, Keelung High School (China Taipei), Granular (Thailand), SCG (Thailand) dan Badminton Association of India (India). 

Sementara pada kategori U17, terdapat delapan klub yang akan bertanding yaitu PB Djarum, Mutiara Cardinal, Exist Badminton Club, Jaya Raya, Sarwendah Badminton Club, Daihatsu Candra Wijaya Badminton Club, SGS PLN, dan Suryanaga Wima.

Ketua Umum PP PBSI Wirantomenyambut baik diselenggarakannya Blibli.comSuperliga Junior 2018 yang akan menjadi ajang untuk mengasah mental para pebulutangkis muda Indonesia, mengingat lawan-lawan yang akan dihadapi tidak hanya berasal dari negeri sendiri, tapi juga dari mancanegara.

“Turnamen Blibli.com Superliga Junior 2018 akan memberikan pengalaman yang berharga bagi pebulutangkis muda, karena mereka memiliki kesempatan untuk bertanding melawan pebulutangkis lain dari mancanegara. Ini penting untuk membentuk mental dan karakter mereka baik saat bertanding nanti, maupun bekal ketika di level senior kelak. Sehingga kejuaraan – kejuaraan seperti ini diharapkan bisa menjadi ajang regenerasi pebulutangkis Indonesia,” tutur Wiranto.

Blibli.com Superliga Junior 2018 menjanjikan total hadiah sebesar Rp 265 juta. Di kategori U-19 yang memperebutkan Piala Liem Swie King dan Piala Susy Susanti, masing-masing kategori akan mendapatkan hadiah sebagai Juara I Rp 100 juta, Juara II Rp 50 juta, dan Juara III bersama Rp 25 juta. Sedangkan di U-17 yang memperebutkan Piala Hariyanto Arbi dan Piala Yuni Kartika akan mendapatkan hadiah sebagai Juara I Rp 50 juta, Juara II Rp 25 juta, dan Juara III bersama Rp 15 juta untuk masing-masing kategori.

Kejuaraan ini merupakan upaya nyata dari Blibli.com untuk memajukan prestasi bulutangkis Indonesia dengan mendukung turnamen Superliga Junior sejak tahun 2016. Sebelumnya, Blibli.comjuga sukses mendukung ajang Indonesia Open 2018 dan Yonex Sunrise BWF World Junior Championships 2017.

Chief Executive Officer (CEO) Blibli.com Kusumo Martantomengatakan Blibli.com memiliki spirit yang sama dengan para atlet yang berjuang demi mengharumkan nama bangsa di level dunia. 

“Alasan mengapa Blibli.com selalu mendukung kegiatan olahraga, termasuk bulu tangkis, karena kami yakin bahwa olahraga adalah kegiatan yang menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas dan daya juang tinggi demi meraih prestasi. Kami optimis, melalui Blibli.com Superliga Junior 2018 para pebulutangkis muda Indonesia dapat semakin mengasah kemampuan mereka dan meraih prestasi yang membanggakan bagi bangsa Indonesia,” ujar Kusumo Martanto. 

Lebih lanjut Kusumo Martanto mengatakan para peserta pertandingan diharapkan dapat memanfaatkan event ini bukan hanya sekadar menunjukkan siapa yang terbaik, tapi juga sebagai ajang mempererat persahabatan antar klub dan juga negara.

Bagi para pecinta Bulutangkis yang tidak dapat menyaksikan secara langsung pertandingan Blibli.comSuperliga 2018 ini dapat menyaksikan pertandingannya melalui live streaming di website www.djarumbadminton.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler