Asian Para Games 2018: Penyandang Disabilitas Gratis Masuk Lokasi Pertandingan

Asian Para Games 2018: Penyandang Disabilitas Gratis Masuk Lokasi Pertandingan
Yodie Hardiyan | 07 September 2018 13:14 WIB
Asian Para Games 2018 - youtube

Bisnis.com, JAKARTA--- Pemerintah akan memberikan akses gratis kepada penyandang disabilitas untuk masuk ke lokasi pertandingan pesta olahraga bagi difabel Asia yaitu Asian Para Games 2018.

Seperti diketahui, setelah menyelenggarakan Asian Games 2018, Indonesia akan menjadi tuan rumah Asian Para Games 2018 pada 6-13 Oktober 2018 di Jakarta.

Ketua Indonesia Asia Para Games Organizing Committe (Inapgoc) Raja Sapta Oktohari mengatakan penyandang disabilitas nantinya akan difasilitasi oleh komunitasnya masing-masing untuk memperoleh akses gratis ke dalam lokasi pertandingan.

Terkait hal tersebut, pihak Inapgoc akan berkoordinasi dengan Kementerian Sosial untuk menindaklanjuti permintaan tersebut.

"Kami melalui badan dari Kementerian Sosial. Mekanisme tiketnya nanti dibuat skemanya, tetapi kita memilih untuk ke kelompok-kelompok (komunitas) untuk sampai ke tangan yang tepat," ujar Oktohari seusai mengikuti rapat terbatas membahas Asian Para Games 2018 yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo.

Menurutnya, ini merupakan kegiatan Asian Para Games yang ketiga di dunia dan merupakan kegiatan bagi penyandang disabilitas yang terbesar kedua setelah Olimpiade.

"Berulang kali Bapak Presiden juga mengimbau kepada semua kementerian bahwa perlakuan terhadap Asian Para Games harus diberlakukan sama seperti Asian Games sehingga kebijakan-kebijakannya diberlakukan sama," kata Oktohari.

Menurutnya, panitia akan menerima para tamu yang terdiri dari 5.000 atlet serta offisial dimana 1.100 di antaranya menggunakan kursi roda. Di samping itu, 8.000 relawan, 5.000 pekerja lapangan serta 800 wartawan dari dalam dan luar negeri akan berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Presiden sendiri berharap Indonesia dapat menjadi tuan rumah yang baik memberikan pelayanan maksimal bagi kurang lebih 2.880 atlet, 1.826 official yang akan berpartisipasi di 18 cabang olahraga Asian Para Games.

"Saya minta akses gratis bagi penyandang disabilitas untuk menonton pertandingan Asian Para Games," kata Kepala Negara.

Kesuksesan dalam penyelenggaraan Asian Games 2018 beberapa waktu lalu dapat dijadikan pembelajaran bagi Inapgoc untuk dapat menghadirkan kemeriahan serupa. Penyelenggaraan Asian Games maupun Asian Para Games ini akan menjadi pengalaman tersendiri bagi Indonesia untuk mempersiapkan diri untuk bersaing menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

Tag : Asian Para Games
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top