Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ASIAN PARAGAMES 2018: Api Lentera Diambil dari Mrapen

Panitia penyelenggara Asian Paragames 2018 atau INAPGOC menegaskan jika kejuaraan khusus untuk atlet difabel ini akan dimulai dari Mrapen, Purwodadi, Jawa Tengah, Rabu (5/9/2018) yaitu dengan pengambilan api abadi.
Asian Para Games 2018/youtube
Asian Para Games 2018/youtube

Bisnis.com, SOLO - Panitia penyelenggara Asian Paragames 2018 atau INAPGOC menegaskan jika kejuaraan khusus untuk atlet difabel ini akan dimulai dari Mrapen, Purwodadi, Jawa Tengah, Rabu (5/9/2018) yaitu dengan pengambilan api abadi.

Ketua Umum INAPGOC Raja Sapta Oktohari di Solo, Selasa (4/9/2018) mengatakan api sesuai dengan rencana akan diambil oleh Sekjen INAPGOC Bayu Rahardian dan selanjutnya dibawa dengan lentera menuju Kota Solo yang selama ini menjadi markas National Paralympic Committe (NPC).

"Secara tanggal, Asian Paragames 2018 digelar 6-13 Oktober. Namun, kami tegaskan jika Asian Paragames dimulai dari Mrapen yaitu dengan pengambilan api yang selanjutnya dibawa ke Ternate," kata Raja Sapta Oktohari di sela Media Gathering Asian Paragames 2018.

Api Asian Paragames 2018 yang diambil dari Mrapen selanjutnya dibawa ke Solo dalam bentuk lentera dan selanjutnya dikirab di kota tersebut. Beberapa kegiatan seremonial telah disiapkan termasuk menggunakan kereta kencana. Masyarakat juga dilibatkan dalam kegiatan ini.

Setelah diarak di Kota Solo, lentera api Asian Paragames 2018 akan dibawa ke Ternate. Selanjutnya di kota dimana Hari Olahraga Nasional (Haornas) diperingati itu, api akan dipindahkan ke tungku obor yang telah disiapkan. Selanjutnya akan dikirab seperti api Asian Games 2018 yang lalu.

"Dari Ternate, api selanjutnya akan dibawa ke Makassar (12/9), Bali (16/9), Pontianak (19/9), Medan (23/9), Pangkal Pinang (26/9) dan terakhir Jakarta (30/9)," kata pria yang akrab dipanggil Okto itu.

Pria yang juga Ketua Umum PB ISSI ini menjelaskan jika dukungan banyak pihak sangat dibutuhkan untuk menyukseskan kegiatan yang baru pertama kali digelar di Indonesia ini. Apalagi euforia kesuksesan Asian Games 2018 masih terasa.

"Ayo manfaatkan kesuksesan Asian Games untuk menyukseskan Asian Paragames pula. Kita buktikan bahwa Indonesia ramah disabilitas. Pesan itu harus bisa sampai kepada masyarakat kita bahkan dunia," Okto menambahkan.

Guna mendukung Asian Paragames 2018, INAPGOC juga akan memanfaatkan lokasi yang sebelumnya digunakan untuk Asian Games untuk area publik.

Zona Atung, Kaka dan Bhin Bhin akan kembali dibangun dengan menggunakan nama yang kental dengan Asian Paragames seperti Zona Momo (elang bondol).

Pengambilan api berikut kirab obor Asian Paragames 2018 mendapatkan dukungan penuh dari BRI. Bank milik pemerintah ini juga akan melakukan hal yang sama seperti saat mendukung Asian Games 2018 termasuk mendukung kebutuhan atlet dari 41 negara itu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler